Slammed

OK catering gw udah telat satu jam. Jam makan siang jam 12 dan dari pagi gw cuman sempat makan pepaya sepotong. Macam mana pula ini. Gw tau sih gw masih belom lapar ampe sekarang tapi kan bukan berarti catering gw boleh telat dong :(


Ya sudahlah mari gw review aja salah satu buku favorit gw.

202218200_xl

Judul: Slammed (a.k.a Cinta Terlarang)

Penulis: Colleen Hoover

Penerbit: Gramedia

Penerjemah: Shandy Tan

Tahun Terbit: April 2013 (Cetakan Pertama)

Jumlah halaman: 333

Genre : Romance, Poems

Blurb:

Layken harus kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu ia bertemu dengan Will Cooper, tetangga barunya.

Will memang menarik. Dengan ketampanan dan senyum malaikat, pemuda itu menularkan kecintaannya pada Slams –pertunjukan puisi. Perkenalan pertama menjadi serangkaian hubungan intens yang membuat mereka semakin dekat, hingga keduanya bertemu lagi di sekolah…

Sayangnya, hubungan mereka harus berakhir. Perasaan yang mulai tumbuh antara Will dan Layken harus dihentikan. Pertemuan rutin mereka di kelas tak membantu meniadakan perasaan itu. Dan puisi-puisi menjadi sarana untuk menyampaikan suara hati. Tentang sukacita, kecemasan, harapan,

dan cinta terlarang mereka.

Review:

Jadi gw tertarik dengan Slammed setelah baca 2 buku Colleen Hoover sebelumnya yaitu Hopeless dan Losing Hope. Ternyata buku tulisannya Mrs. Hoover ini bagus - bagus maka gw pun cepet - cepet cari Trilogi Slammed ini. Tapi apalah daya, setelah muter - muter cuma berhasil dapet buku This Girl (Bagian ketiga Trilogi Slammed). Sudah memutuskan tidak akan baca This Girl sebelum baca Slammed dan Point of Retreat (kalo seumur hidup kaga dapet 2 buku ini, ya seumur hidup ga bakal baca This Girl. Untung tidak terjadi). Sebelumnya udah mau menyerah dan baca yang bahasa Inggris aja. Tapi muter - muter di Kinokuniya tapi ga dapet juga yang versi bahasa Inggrisnya. Pada akhirnya gw bisa baca komplit trilogi Slammed ini (dalam bahasa Indonesia, gw juga lupa di mana ya akhirnya gw dapet ni buku) dan membuat gw jatuh cinta pada Will Cooper.

FYI, walo ga penting, ada 2 cowok dunia fiksi yang gw suka yaitu :

1. Domyoji Tsukasa : Kisah cinta gw dengan Domyoji Tsukasa akan di bahas belakangan (kayak penting aja)

2. Christian Grey : Tentu bukan karena masalah SM nya tapi karena ke charming an Mr. Grey dan dalamnya perasaan dia ke Anastasia.

dan nambah satu lagi karena novel Slammed ini yaitu Mr. Will Cooper.

Nyahahahahaahha. Jadi ada 3 yah.

Okeh dilanjut aja reviewnya lagi.

1. First impression

Jujur ini buku yang sering gw lewatkan di Gramedia sebelumnya. Pas udah mau baca aja nyarinya ngubek - ngubek setengah mati. Awalnya heran kenapa harus Cinta Terlarang coba. Lebay banget judulnya. Slammed aja udah bagus kok. Emang nih penerbitnya. Btw, cover terbitan bahasa Inggris maupun terbitan bahasa Indonesia nya sama - sama menarik lho.

811F-tCSnTL._SL1500_

cover bahasa Inggris 


2. How did you experience the book?

Buku ini membuat gw jatuh cinta dengan dunia Slammed. Ternyata puisi itu menarik juga lho. Sesuatu yang baru buat gw saat membaca kalimat demi kalimat puisi yang ada di dalam sini. Ketika membaca buku ini gw ikut merasakan emosi dari tokoh - tokoh di dalam buku ini.

Kalau dipikir - pikir lagi, kalau baca bahasa Inggrisnya lebih menarik kali ya. Karena puisinya kan ditulis dalam bahasa Inggris. Emosinya akan lebih terbawa. Tapi yang bahasa Inggrisnya pas - pas an sama kayak gw, ya baca bahasa Indonesianya aja.

3. Characters

* Layken (Lake) : cewek SMA tahun akhir yang harus mengalami banyaknya kehilangan. Pertemuannya dengan Will memberikan kebahagiaan sekaligus kesedihan dalam hidupnya. Puisinya Layken untuk Will pas dia lagi marah lucu lho. Favorit lah hahaha. Untuk gw, Lake adalah tipikal cewek yang kuat.

* Will : cowok yang jatuh cinta pada Layken ini kadang bikin gw greget karena di satu sisi dia mencintai Layken tapi di satu sisi ga bisa melepas hal lain dalam hidupnya. Dia ingin Layken keluar dari hidupnya tapi dia juga ga mau Layken keluar dari hidupnya. Bagaimanapun dia sangat mencintai Layken, dan inilah yang membuat gw jatuh cinta pada Will Cooper. Puisinya Will mengenai dia mencintai danau (Lake) sangat membekas di hati gw.

* Julia : mamanya Layken, sangat menyayangi anak - anaknya. Terkadang mengambil keputusan yang salah, tapi wajar itulah manusia. Dia berusaha menjaga anak - anaknya dengan baik, sayangnya tante, apa yang menurut Anda baik belum tentu menurut anak Anda baik. Tapi bisa terbaca bahwa Julia adalah seorang mama yang baik.

* Kel dan Caulder : Adik Layken dan Will. Mereka berdua banyak memeriahkan cerita di Slammed ini. Kadang membaca tingkah mereka membuat kita menjadi tersenyum dengan pikiran polos yang mereka miliki.

* Teman - teman Layken dan Will yang ga gw sebutkan satu persatu di sini ya. Tar baca aja bukunya.

4. Plot

Maju. Gw juga lupa ada flashback apa ngga tapi seingat gw cerita ini bergerak maju deh.

5. Main Idea/Theme

Cinta, kehilangan, dan keputusan. Ga seru dong kalau gw ceritaken di sini. Baca sendiri aja ya tapi inti dari cerita ini adalah cinta, kehilangan, dan keputusan.

6. Quotes
"Aku terus berkata pada diriku.

Bahwa semua akan baik - baik saja.

Kita tidak bisa membuat orang bahagia.

Sepanjang waktu."


"Penyesalan itu kontraproduktif,  karena kita menoleh ke masa lalu yang tidak bisa kita ubah. Mempertanyakan sesuatu saat peristiwa itu terjadi, bisa mencegah penyesalan di kemudian hari."



" satu juta lima puluh satu ribu dua ratus menit.

sebanyak itulah kau membuatku tersenyum,

sebanyak itulah kau membuatku bermimpi,

sebanyak itulah kau membuatku percaya..."



"Jangan terlalu serius menyikapi hidup. Tonjoklah wajah kehidupan jika kehidupan memang butuh diberi tonjokan telak. Lalu tertawakan dia."




"Aku ingin punya teman.

Yang mau membiarkanku

benar - benar sendirian ketika

yang kubutuhkan adalah kesendirian"




7. Ending

Gw ga bisa bilang akhirnya happy ending. Tapi akhirnya bukan sad ending juga.



Baca ulang? Iya banget.

Recommended? Absolutely.

Btw, buku ini tu trilogi ya.

Yang pertama judulnya Slammed, yang kedua Point of Retreat, yang ketiga This Girl. Tapi dari ketiga buku itu yang paling special bwt gw adalah Slammed.

Selamat membaca.

PS : gw ga pernah menyesali keputusan gw untuk menunggu sampai ketiga buku lengkap baru baca dari awal.


Comments