Heptalogy - Once Upon A Time in China - Short Escape to Bali 2013

Kenapa cerita short escape to Bali 2013 masuk ke cerita Once Upon A Time In China? Karena balik dari China gw jalan ke Bali. Dan karena heptalogy Once Upon A Time in China itu sebenarnya cerita kehidupan gw di tahun 2013, maka gw masukin juga aja cerita tentang jalan ke Bali ini.

Juni atau Juli 2013, gw orang pegi ke Bali lho. Flight dari Semarang ke Surabaya. Dari Surabaya lanjut ke Bali. Sayangnya pas gw orang dari Semarang ke Surabaya, cowok adek gw kecelakaan pas mau jemput gw orang di bandara. Kalo ngeliat kondisi mobilnya sih serem banget. Ampe shock banget. Tapi untungnya orangnya ga luka parah.

Lalu setelah kondisi cowoknya adek gw sudah lebih OK, kita semua berangkat ke Bali.

Psssstttt~ forgive me because I should compress all the picture. Poor internet connection. Though all the picture is really beautiful. Because Bali is beautiful itself. All picture by Samsung Galaxy S4.

Hari Pertama

Hari pertama sampai di Bali udah sore. Kita naik taksi ke daerah Kuta. Nginapnya di hotel Adi Dharma. Hotelnya enak, nuansanya Bali banget. Gw suka. Apalagi pas breakfast, roti gandum nya itu roti gandum yang bener - bener roti gandum, bukan roti gandum yang kebanyakan tepung seperti yang biasa gw beli,

Adi Dharma 1Kolam renangnya juga OK lah. Sayang gw ga sempat berenang. Kamar hotelnya juga cukup bersih. Dan harganya juga ga terlalu mahal. Gw lupa harganya, tapi ga terlalu mahal. Gw menikmati tinggal di hotel ini.

Akhirnya setelah selesai ngurus hotel, gw orang jalan deh di sepanjang jalan Legian, Kuta. Jalan doang kaga belanja :p Gw, mama, ma dd makan di Warung Made. Katanya nasi campur Bali nya enak. Tapi gw ga cobain. Gw malah cobain pork ribs nya ama segelas jus jeruk. Pork ribs nya endeussss banget,

Made 1

Made 2

ini lho pork ribs ama jus jeruk yang endeus banget itu

Lalu gw orang lanjut lagi jalan di Legian. Satu toko ke toko lain. Gw sempet ngintip ada salon yang nyediain Ayurveda spa. Huaaaaa pengen banget. Tapi gw skip dulu hari itu. Gw orang jalan lagi sampai jauh lalu ngeliat kalo ada Flapjacks. Karena penasaran, kita masuk dan ngicipin pancakenya.

Flapjacks 5

Flapjacks 4 Flapjacks 3 Flapjacks 2

Enak ga ya? Ya seperti pancake pada umumnya aja sih. OK lah. Tapi es krim nya enak ui. Sebenarnya gw pengen makan ice cream nya lagi tapi ga jadi karena inget perut. Akhirnya gw harus cukup puas dengan berfoto ma Flapjacks ajah...

Flapjacks 1

Lalu kita jalan balik ke hotel. Nemu satu toko swalayan. Masuk ke dalam, gw ngelihat bunga - bunga disusun dalam bentuk tulisan. Tulisannya "Cintaku". Krik... Krik... Krik... Lalu pas jalan balik lagi, gw ngelihat papannya warung Made yang lucu banget.

Made 3

Malam itu suasana di Legian, Kuta ga terlalu ramai. Enak dibuat jalan. Gw ngelihat beberapa club lumayan penuh. Lalu gw juga lihat beberapa cafe diisi pasangan - pasangan yang lagi sibuk pacaran. Gw lalu menatap ke sebuah monumen.

Kuta 1

Ini adalah monumen bom Bali. Terlihat beberapa turis mengambil foto di sana. Sedih sekali ya melihat monumen yang satu ini. Semoga semua yang menatap monumen ini bisa disadarkan agar hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Nah lanjut lagi akhirnya gw orang balik deh ke hotel. Tidur biar besoknya bisa lanjut lagi.

Hari Kedua

Keesokan harinya setelah breakfast di hotel, gw orang dijemput sopir di Bali yang namanya Pak Made. Pak Made ini orangnya baik sekali. Dia orangnya juga ramah. Dan yang paling unik, satu hari kita pernah tanya, "Pak Made, memangnya Pak Made ga takut kalau ada orang yang charter jasa Pak Made tapi tidak bayar?" Pak Made dengan lugunya berkata,"Saya percaya kalau semua manusia pada dasarnya baik Pak. Saya percaya bahwa kalau dasar niat kita itu baik, maka hasilnya akan baik juga."

Hari kedua kami jalan ke Pura Ulun Danu letaknya di Bedugul. Sebelum masuk jangan lupa beli karcis masuk. Saat masuk ke dalam, sepertinya mau ada acara. Lalu gw orang jalan masuk ke dalam. Melihat Pura Ulun Danu, duh rasanya seperti energy gw di charge kembali. Cantikkkkkk banget pemandangannya. Gw jatuh cinta sejatuh - jatuhnya. Indonesia itu memang cantik sekali. Bukan hanya pemandangannya, tetapi juga budayanya. Inilah yang selalu membuat gw jatuh cinta sama Indonesia.

Selain pemandangannya yang super sekali, udaranya juga sejuk sekali. Saat sampai ke sana, coba deh lihat pemandangan Pura Ulun Danu lalu lihat ke arah langit. One of the most beautiful view in the world. Kalau dalam bahasa China, hen meili de fengjing (pemandangan yang cantik sekali). Selain itu pepohonan yang ada di sekitar Pura juga mempercantik tempat ini.

Pura Ulun Danu 2

Pura Ulun Danu 1

Pura Ulun Danu3

Lanjut dari sini, kami ke Tanah Lot. Sedikit pengalaman kurang enak di Tanah Lot bahwa saat mau masuk kan harus beli karcis dulu nih. Nah, memang gw aku bahwa keluarga gw terbiasa berbicara dalam bahasa China. Terus ditahan gitu di pintu masuk. Mereka memastikan dulu kita orang Indonesia baru dikasih masuk karena ternyata harga turis lokal dan internasional itu beda. Tapi ya sudahlah ya. Akhirnya kita orang masuk ke dalam area Tanah Lot.

Tanah Lot 1

Tanah Lot 3

Tanah Lot 2

Di jalan masuk ke Pura Tanah Lot, ada banyak yang jual ini itu. Gw ada makan ice cream di sini. Jadi si bungsu yang beli ice cream, gw yang nebeng makan. Pura Tanah Lot ini, kalau mau ke puranya harus ngelewatin laut. Jadi gw dan bokap gw nekad (nekad? orang airnya cetek) nyebrang ke sono. Lalu di sana ada gua yang isinya ular suci Pura Tanah Lot. Senang deh datang ke sini. Pemandangannya cantik banget. Breathtaking view deh pokoknya. Indonesiaku... Indonesia tercinta.

Gara - gara nyebrang, celana ma tas gw basah semua. Hahaha. Akhirnya ya udah basah - basahan balik ke mobil. Tau gini gw pake celana pendek aja. Udah itu, sebelum balik, di area belanjanya gw sempet beli kaos. Lucu dan ga terlalu mahal soalnya.

Lalu habis dari sini kita balik ke hotel. Perjalanan sore itu rada tersendat soalnya jalanan padat di Legian sono. Sampe hotel, gw bersih - bersih dulu abis itu langsung cabut jalan di Legian lagi ama si bungsu. Kita pegi makan makanan Jerman, yaitu di Mama's.

Mamas 2

Mamas 1

Mamas 3

Mamas 4

Mamas 5Makanan di Mama's ini menurut gw pribadi lebih enak dari Paulaner LOL. Paulaner enak sih tapi enakan si Mama's. Saladnya apalagi. Yang sosis ngelingker tu punyanya si bungsu, yang sosis lurus punya gw. Ga nyesel dah pesennya. Terus pertama kali gw nyoba salad pake dressing ijo tuh. Itu pakai minyak olive oil. Apa ya nama salad dressing nya gw lupa. Tapi enak banget. Salad di atasnya juga ga kalah enak.

Selesai makan di Mama's , kita jemput mama lalu jalan di sepanjang Legian lagi. Ketemu bule - bule rame - rame naik mobil. Mereka teriak - teriak dari dalam mobil, kelihatannya happy banget. Lalu mama ma bungsu jalan sendiri, gw pegi ke Ayurveda spa yang ada di Legian. Sayang yah gw ga inget namanya apa. Yang gw inget cuma kepala gw dialirin minyak, dipijat, lalu gw ketiduran. Padahal gw tu kalo di spa gitu ga gampang ketiduran lho. Tapi yang satu ini emang super banget. Enak banget. Sepulangnya dari spa, gw berasa hidup kembali. Fufufufufu ~

Hari Ketiga

Besoknya di hari ketiga di Bali, kita semua pindah ke hotel Aston. Tapi sebelum pindah, kita jalan dulu dong pastinya. Hari ini gw orang jalan ke Pura Tirta Empul. Tempatnya enak, adem. Di sana terkenal dengan air sucinya.

Pura Tirta Empul 1

ini pintu masuknya

Pura Tirta Empul 2

kalau pakai celana pendek, tar dipinjemin kain buat masuk ke dalam sana Pura Tirta Empul 4

ini dibangun untuk kedatangan presiden Soekarno. Ga bisa dimasuki orang umum. Jadi gw cuma lihat dari bawah saja.

Pura Tirta Empul 5

Pura Tirta Empul 3

Pura Tirta Empul 8

Pura Tirta Empul 7Pura Tirta Empul 6Pura Tirta Empul 9

Tempatnya memang cakep banget. Di sekitaran sana banyak yang jual ini itu. Gw sempat beli tas. Ga tau itu tas ada di mana sekarang.

Ahai~ kelihatan banget ya di fotonya kalau tempatnya adem banget. Gw akui tempat ini cantik banget. Ah kayaknya selama tiga hari di Bali, ga ada satu tempat pun yang ga bikin gw jatuh cinta lho.

Lanjut dari Pura Tirta Empul, kita ke Kintamani. Ah~ Biarkanlah foto berbicara.

Kintamani view danau dan gunung batur 4Kintamani view danau dan gunung batur 3Kintamani view danau dan gunung batur 1

Lanjut dari Kintamani, kita ke Danau Batur.

Kintamani view danau dan gunung batur 2Kintamani view danau dan gunung batur 5Danau Batur pas itu sepi ga ada orang. Cuma ada kami ama pedagang doang. Sejujurnya gw rada serem sih ama jalanan ke sini. Abis sempit habis itu dilaluin truk gitu. Untung Pak Made jago bawa mobilnya.

Abis dari Danau Batur, kita lanjut ke Ubud. Sepanjang jalanan menuju ke Ubud, banyak melewati tempat - tempat yang menjual ukiran baik dari kayu maupun batu. Di Ubud banyak banget turisnya. Jalanannya rada sempit jadi berasa padat. Kita berhenti sebentar untuk makan bebek.

Bebek Bengil 4Bebek Bengil 1

Bokap nyokap doang yang makan. Gw ma bungsu mah kaga makan. Gw kaga bisa makan bebek sih. Tapi gw suka banget tempatnya. View nya bagus banget. LAgi - lagi hen mei li de fengjing (pemandangannya cakep banget). Ada sehamparan sawah dibelakang restoran. Setelah makan, kita jalan di sana sebentar.

Bebek Bengil 3Bebek Bengil 2

Sebenarnya Ubud ini memang enak sih udaranya. Gw demen banget. Gw dulu punya cita - cita setelah dari Cina pingin dateng ke Ubud untuk stay satu bulan di sini. Menjalani holistic life. Tiap hari ke Yoga Barn untuk ikut kelas Yoga. Lalu makan raw food di cafe deket Yoga Barn. Ikut spa ayurveda. Ahhhhh cita - cita tinggal cita - cita. Habis dihitung - hitung biayanya ga nahan. Akhirnya sekarang gw nabung dulu. Siapa tahu suatu hari bisa terlaksana. Ada yang bersedia mensponsori cita - cita saiah?

Lanjut dari Ubud kita ke hotel Aston Tanjung Benoa. Begitu masuk kita disuguhi musik khas Bali. Ah damai banget hati ambo rasanyo.

20130718_162911

Selesai proses check in, kita semua jalan ke pantainya. 20130719_153541

Gw menikmati banget duduk - duduk di pantai sambil ngelihat laut.

20130718_17364520130718_17363820130718_17365020130718_173652

Suasana hotel Aston di malam hari. Bagus ya hotelnya. Gw demen banget di sini. Malam - malam pas gw ma bungsu balik ke kamar masih terdengar alunan musik khas Bali dari lobby hotel.

Malam itu kita semua pergi ke Jimbaran untuk makan seafood. Yah rasa nya sih not bad lah. Sebenernya ga makan di sini juga ga masalah sih. Cuma rasanya kurang turis aja gitu kalo gw ke Bali tapi kaga ke Jimbaran. Suasananya kan romantis gimana gitu. Tapi karena gw pegi ma keluarga, suasana romantisnya menurun drastis LOL.

Abis makan kita lanjut ke satu toko, kalo ga salah namanya Krisna deh. Di sana kita beli oleh - oleh, dan lagi - lagi gw beli tas. Gw lupa itu tas ilang ke mana juga.

Hari Keempat

Bangun pagi, makan breakfast hotel (dan gw menemukan roti gandum asli. Sumpah gw jatuh cinta ma roti gandum di Bali.) ampe kenyang, langsung deh gw orang cussssssss ke GWK.

GWK 1

GWK 2

GWK 3

GWK 4

GWK 5

Gw jatuh cinta ama langitnya di GWK. Jernih banget.

Habis dari GWK, kita orang lanjut ke Dreamland.

20130719_12103020130719_12122220130719_121545

Pantai Dreamland juga bagus. Sayang yah rame. Kalo sepi pasti gw suka banget. Ombak di sini juga bagus buat yang mau berselancar. Gw sih kaga bisa.

Habis dari Dreamland, gw orang pegi makan babi. WARNING : Ini tidak halal.

Babi 1Babi 5Babi 4Babi 3Babi 2Gw makan iga, bungsu makan ayam. Babi jatahnya bokap nyokap.

Selesai makan kita balik lagi ke Aston. Bokap siap - siap buat ngejar penerbangan sore ke Jakarta. Sedangkan gw orang masih satu hari lagi di Bali. Sore itu setelah mengantar bokap ke lobby hotel, gw ama si bungsu menghabiskan waktu di pantai. Selama dua tahun belakangan ini, dari semua hal yang terjadi, hari itu gw paling bahagia. Ga tau kenapa. Mungkin karena saat gw melihat ke laut, gw merasa laut itu ga ada batasnya. Dan suasana saat itu yang ga terlalu ramai membuat gw benar - benar menikmati semua yang ada di sana.

20130719_154643

20130719_161203

20130719_161829Ternyata hari itu mau ada acara di sono. Ga tau deh acara apaan. Ini satu orang harus bayar berapa gitu buat ikut acara makan - makannya.

20130719_162706

20130719_162656

Gw ama si bungsu pegi ke cafenya lalu pesan cake dan minuman. Minumannya cukup satu bagi berdua. Sama - sama pelitnya sih kita berdua :p Habis itu gw duduk aja di sono menikmati pemandangan di depan mata gw.

20130719_164802

Ahhhhh damai di bumi

Habis keenakan nyantai, tau - tau udah sore. Kita balik lagi ke deket pantai lalu nyantai di sana.

20130719_172259

ini gw ga tau ngapain. Alay banget deh gw bikin beginian.

20130719_174103

Acara makan - makannya udah mau mulai. Bokap nelpon nanyain kabar. Terus gw ceritain ada acara makan ini di Aston. Bokap suruh ikut aja. Tapi gw ma bungsu udah kekenyangan. Akhirnya kita berdua balik ke kamar deh buat istirahat.

Hari Kelima

Bangun pagi, breakfast, kita dapet mobil dari hotel buat berangkat ke Bandara. Sopir dari Aston yang nganterin kita ramah banget orangnya. Dia sempat bercerita bahwa saat terjadi bom Bali, keadaan di Bali sungguh sedih. Semua orang berduka. Sektor pariwisata terpukul sekali.

Gw berharap peristiwa Bom Bali itu sudah merupakan yang terakhir di Bali. Bali itu pulau yang sangat cantik. Jadi tolong jangan dirusak dengan hal - hal seperti ini. Orang - orang di Bali yang gw temui di perjalanan gw kali ini juga baik dan ramah. Gw merasa nyaman sekali dengan keadaan di Bali ini.

Gw juga berharap, semua turis yang datang ke Bali. Mau orang lokal maupun internasional, sama - sama jaga kebersihan di Bali. Jangan buang sampah sembarangan. Jangan kotori Bali. Jaga kelestarian alamnya. Hormati Budaya setempat. Dengan begitu kita semua bisa menikmati keindahan di depan mata kita. Budaya dan alam yang berpadu menjadi satu.