Heptalogy - Once Upon A Time in China - Semester 2 di Gz

Jadi setelah liburan di Indonesia selama kurang lebih dua bulan, gw balik ke Gz. Dijemput ama sepupu gw di bandara, gw diantar ke asrama. Gw turun di pintu gerbang Xi Men dan harus berjalan ke asrama karena jalanannya dibenerin (bagi yang ga tau jalanan di Xi Men seperti apa, silahkan lihat Heptalogy pertama tentang semester 1 di China). Hoki di tengah jalan, ada satu cowok, namanya Mustafa, dia bantuin gw bawa tas ampe ke sushe alias asrama gw. Si Mustafa ini ahli geologi yang lagi sambil sekolah sambil kerja juga (dia sempat sekelas ama gw, sebelum gw pindah kelas.)

Gw akhirnya ketemuan ma Debby n Regent. Dia orang udah sampai di Gz duluan, gw nyusul belakangan. Terus awalnya gw masuk kelas A. Karena males di kelas A ada kuis setiap hari, gw akhirnya pindah ke kelas B. Sekelas lagi ama Debby n Regent. Di kelas B ada tiga pelajaran yaitu jingdu alias membaca, tingshuo alias mendengar dan berbicara, sama yuedu yaitu kelas membaca juga. Ruangannya di lantai 3.

20130925_143256

Ini laoshi jingdu gw, gw gambar dalam bentuk kartun.


mmexport1387354049394


Gw ma Laoshi (Guru) Yuedu gw. Dia lulusan dari Jinan juga. Kebanyakan orang China tidak bisa berbahasa Inggris, tetapi dia bisa dan lumayan lancar. Dia dulu pernah dapet kesempatan sekolah di Amerika. Guru Yuedu gw yang bernama Liu Laoshi ini lahir di Harbin pada saat puncaknya musim dingin. Maka jangan heran kalau dia ga kuat ma musim panas. Sebagai gantinya, saat musim dingin, saat orang - orang udah kedinginan, dia santai aja tuh... 


 2013-09-15-20-00-59_deco

Debby Regent Ricca


Yak foto ini diambil di Wave. Gw jadi inget kisah di balik foto ini.

Jadi hari Jumat siang, gw ama Debby ngobrol di dalam kelas. Debby bilang "Ca, lo coba liat cowok di depan deh. Kayaknya dia ga pernah ganti baju deh. Kalo gw perhatiin dia pake baju yang sama terus." Dan gw pun mengiyakan pernyataannya dia karena emang gw sering perhatiin kayaknya ada satu orang yang pake baju sama terus. Corak bunga - bunga lengan panjang pula. Memorable.

Lalu Jumat malamnya, gw, Debby, Regent, Carlos pegi ke Perry. Hari itu ada acara buat international student. Dapet free minuman. Gw cukup nyicip mojito nya Evanda. Lalu Regent bilang kalo dia ngajak temennya juga. Namanya Bella. Bella ngajak cowoknya, si Zelim. Nah Zelim ini ngajak sepupunya. Kita sebut saja inisialnya Ib, kelahiran Checnya. Jadi si Ib ini adalah si cowok corak bunga - bunga lengan panjang. Akhirnya kita ngumpul berenam di Perry. Nah, gw ama Debby ditinggal ama Bella + Zelim karena mereka mo pesen makan, ama Regent + Carlos, tau dah mereka ke mana. Tersisalah gw, Debby, dan Ib. Si Ib ini cengengesan mulu. Gw sebagai orang Indonesia yang berbudaya, berpikir untuk memulai basa - basi. Kan ga enak juga gitu gw orang duduk satu meja diem - diem sambil liat dia cengengesan.
Ricca (R) : What's your name.
Ib : Ib. And you?
R : Ricca
Debby (D) : Debby
Ib : How old are you?
D : 22
R : Guess. How old am I?
Ib : 20?
R : No. I'm 23. How about you?
Ib : Me? Guess
R : 25
Ib : What? Am I look that old? I'm just 18.
R : Hahaha (dalam hati : mampus gw) I'm just kidding. Of course you look like 18 years old (padahal sebenernya gw kaget dia cuma 18 taon)
Ib : Well, I have an Indonesian girlfriend. She wearing jilbab. And she's 23 years old. I don't mind if I have a girlfriend older than me. (terus dia ngedip ke gw...)
R : Errrrrrrr

OK sejak hari itu si Ib meneror hidup gw.

Terus kembali ke hari Jumat, dari Perry, gw orang cabut ke Wave. Wave letaknya di daerah Haizhu, banyak sekali bar di sana. Kalo bosen bisa jalan ke luar buat duduk - duduk ngelihat pemandangan di sekitar sono yang emang bagus. Gw masuk ke Wave ga pernah bayar. Terus kalo gw haus, gw bakal keluar dari Wave buat beli minum di Sevel lalu baru balik masuk lagi ke Wave. Ogah gw minum minuman di Wave. Alkohol semua. Males banget...

Berhubung Zelim ma Bella balik duluan, si Ib dititipkan ke Regent dan si Ib sungguh merepotkan. Si Regent sampe bolak - balik nyariin Ib. Gw orang membiarkan Regent yang ngurus si Ib aja hahaha... Si Ib sibuk clubbing ma cewek - cewek di Wave LOL. Dia ngajakin gw, gw tolak lah. Ada bule ganteng di samping gw. Loh!? Ngga ding becanda. Gw sibuk merhatiin orang aja (termasuk si bule ganteng), orang gw tuh ga bisa clubbing. Cupu ye... Terus gw orang ketemu ama temen kelas gw, orang - orang Latinos sono yang pada sibuk clubbing juga. Gw, seperti biasa, cukup memperhatiken mereka saja.

Jujur semester dua ini membosankan banget. Akhirnya gw memilih untuk banyak bersenang - senang ma temen gw. Jalan - jalan, liat tempat baru ma temen gw.

20131019_112919Baiyun Shan dekat pintu masuk


20131019_113420

Ini mau naik ke kereta gantungnya di Baiyun Shan20131019_113636


Ini udah masuk ke deket kereta gantungnya


20131019_115137

Di bagian atas Baiyun Shan


20131019_121932

Deket Vihara di Baiyun Shan


2013-10-20-01-13-12_deco

Deket Vihara di Baiyun Shan


Jadi di Gz, gw melihat banyak orang suka jalan - jalan ke gunung. Salah satunya adalah Baiyun SHan. Dari sekolah gw naik bis 20 menitan. Susahnya adalah PP ke sini ga da MRT jadi harus naik taksi atau bis. Peginya sih tinggal naik bis dari Xi Men, tapi pulangnya harus nyari taksi. Manalah ngejar taksi nya susah pula.

Naik ke Baiyun Shan (SHan artinya gunung), bisa jalan kaki, bisa pakai kereta gantung. Gw orang berempat cewek semua memilih untuk naik kereta gantung. Habis itu jalan kaki turun. FYI, ini bukan pertama kali gw ke Baiyun Shan. Ini udah kedua kalinya. Lalu gw orang sampai di bagian atas Baiyun Shan, jalanlah kami ke bawah. Walaupun perjalanan panjang, tapi pemandangannya bagus kok. Sama pas naik kereta gantung juga pemandangannya bagus banget.

Sambil turun ke bawah, ada satu vihara. Kalau baca dari sejarahnya, Vihara tersebut udah cukup tua. Pernah sempat ditutup pada saat China menjadi negara komunis tapi akhirnya dibuka lagi. Kami berdoa di sana, lalu berjalan kaki turun lagi. Pegel sih, semacam olahraga gitu deh.

20131020_13193920131020_131000

Banci kamera in action @ Shamian Island20131020_13105720131020_13334520131020_133402


Shamian Island


Di Gz, ada satu tempat namanya Shamian Island. Cukup naik MRT lalu nyebrang jalan. Pulau ini sejarahnya adalah, dulu pas orang dari Eropa datang ke China, mereka ga tinggal bareng orang Chinanya. Mereka tinggal khusus di salah satu tempat, dimana mereka bisa enak keluar masuk dari tempat itu, tapi orang China asli tidak bisa sembarangan keluar masuk ke tempat itu. Bisa dikatakan itu tempat eksklusif bagi orang Eropa. Tapi sekarang pulau itu sudah bisa dimasuki semua orang. Pun dijadikan tempat wisata. Jangan heran jika tempat ini menyediakan arsitektural khas Eropa.

20131021_16385920131021_16353420131021_11051320131021_0930562013-10-21-13-46-53_deco2013-10-23-19-01-05_deco2013-10-23-19-03-01_deco

Di China pun ada taman bermain lho. Namanya Chimelong (atau kadang disebut Changlong) Huanle Shijie (artinya taman bermain)... Di sini lumayan seru juga. Ada New Zealand ice cream di dalemnya hahaha. Gw orang bolos kelas buat dateng ke sini. Saat itu lagi Halloween. Harapannya bisa masuk ke rumah hantu nya. Sayang sungguh sayang rumah hantunya tutup. Tapi gw cukup puas kok. Bisa main dari pagi sampai malam. Sebenarnya ke sini bisa pakai MRT. Tapi gw orang males akhirnya gw orang naik taksi sajo. Ada kejadian menyebalkan di sini, dimana ada sekumpulan anak - anak sekolahan dateng, sepertinya study tour. Mereka beramai - ramai antri wahana. Awalnya dua orang mau nyelip antrian roller coaster soalnya temen - temennya udah pada di depan. Gw kasih dah. Eh dateng lagi dua orang mau nyelip. Ga gw kasih dong. Temen - temennya di depan udah pada ngamuk - ngamuk teriakin gw orang. Gw mah sebodo. Lagian lo orang udah sekolah tinggi - tinggi kok ga ada mannernya ya? Ga pernah denger yang namanya antri ya? Tapi akhirnya mereka semua ngalah, walo ngamuk - ngamuk. Mereka semua mundur. Ceritanya biar solider ma temen. Gw mah sebodo. Mau mundur urusan lo orang. Gw mah ogah hahaha.

20131130_163315

20131130_164137

Lo belum bisa dibilang pegi ke Gz kalo belum ke patung lima kambing. Ini kan landmark nya kota Gz. Naik MRT ke sini, lalu muter  - muter sampe bisa sampai ke patung kambing. Jadi kayak naik turun gunung gitu. Ada lagi cerita ngeselin di sini. Gw lagi foto di depan tulisan kan (tu foto kedua), eh ada orang yang dateng - dateng mau nyerobot foto - foto. Langsung gw ngomel "Lo ga bisa liat orang lagi foto ya? Ga bisa tunggu dulu ya biar gw selesein foto gw dulu." Kayaknya dia jiper gw omelin, akhirnya dia mundur. Si Regent ampe ketawa - ketawa.

Terus ada lagi pas gw lagi ke WC nya, liat kanan kiri eh liat satu nenek - nenek pipis pintunya ga di kunci. Duh gw paling males menghadapi pemandangan kayak gitu. Bawaannya pengen menghilangkan bayang - bayang seperti itu dari otak gw :p Sering lho gw ngeliat pemandangan orang pipis. Padahal ada pintu, kok ya ga ditutup pintunya. Males banget deh.

Dateng ke sini, di deket sana ada sebuah museum. Gw pas awal dateng sempet ke museumnya gitu. Jadi ada satu kisah menyeramkan dimana saat rajanya dikubur, istri - istrinya dan ajudan - ajudannya juga ikut dikubur hidup - hidup di dalam sana.

2013-10-17-16-32-37_deco

2013-10-18-22-44-42_deco

Ini ceritanya abis kelas, (Foto 1) Debby, Jeniko, Seniko, gw, Regent pegi makan ke Tiger Prawn. Habis itu jalan di Beijing Lu, kita masukin toko - tokonya. Eh nemu toko One Piece di sana. Regent seneng banget. Kalo gw mah seneng ma gambarnya aja (Foto 2).

mmexport1382705837273IMG_20131025_150119

Ini adalah foto pas Yundonghui alias festival olahraga. Foto pertama di atas itu ada Choi Won Jung, Seniko, gw, Pixie dan di bawah ada Kim Hye Na dan Dessy. Foto kedua itu foto gw ma Kwon Mo Hyuk. Jadi di acara ini gw ikut lomba lempar apa tuh namanya gw lupa. Kayak bola besi gitu. Lalu ada juga festival pembukaan dimana setiap orang memakai foto baju negara masing - masing. Nah si Kwon Mo Hyuk lagi pakai baju ala Korea. Demen banget gw liatnya, akhirnya gw orang foto deh.

2013-10-10-15-22-47_deco

Ini foto pas makan di Hanstory. Karena pada protes ma hasil fotonya, gw sensor aja mukanya satu - satu.


IMG_20131121_135626

Foto pas acara ulang tahun Seniko.


mmexport1384959302754


mmexport1381906542045


Laoshi gw kurang kerjaan. Jadi pas ujian dia foto - foto kita orang. Gw sakit hati ma laoshi gw. Dia ga percaya pada niat baik gw duduk di samping Bruna. Padahal gw ga berniat nyontek si Bruna lho. Serius gw kerjakan sendiri. Sampe pas ujian kedua baru dia percaya niat baik gw duduk di samping Bruna. Gw sakit hati lho. Ga mungkin lah gw nyontek Bruna. Orang gw udah dapet bocoran soalnya... (Loh...) Terus foto kedua tuh ada si Regent sama si Sam. Orang lagi ujian, mereka berdua ngobrol. Gw curiga mereka tukeran jawaban.


20131127_181315

2013-11-27 16.10.34

Ini saat - saat terakhir di Gz. Gw orang pegi karaoke (foto kedua) ama main bowling (foto pertama). Siapa ya yang bilang jago main bowling mo ngajarinnnnn :p

IMG_20130927_090949

Kerjaan gw kalo bosen di kelas. Gambar - gambar di meja.


IMG_20131111_141950


Hari itu sehabis kelas gw orang cabut ke apartemennya Regent. Sebelumnya ke pasar dulu belanja belenji lalu masak nasi goreng, goreng empek - empek. Sambil ngeroyok apartemen Regent. Makanan di apartemennya dikeluarin semua...


IMG-20130505-07175


PhotoGrid_1379259141725


Tulisan gw dalam Hanzi. Nulis apa sih gw? :p


20131128_134328


20131128_134409(0)


Mereka semua balik duluan. Cuman gw yang di Gz ampe ujian kelar :'( Gw penuhi janji gw ke mereka bahwa gw akan anterin mereka satu per satu ke bandara. Jadi inget pas Jen Sen pulang. Mereka kelebihan bagasi buanyakkkkkkkkkkkkk banget. Sampai akhirnya untung ada rombongan wisata yang mau balik ke Indonesia juga bantuin mereka biar mereka ga usah bayar kelebihan bagasi.


Lalu pas Regent mau balik juga kelebihan. Akhirnya gw nego ama petugas bandaranya biar dilolosin. Alasannya, kita kan pelajar LOL. Dilihat visanya, akhirnya bisa dilebihin 10 kg. Setahu gw untuk pelajar ada bagasi khusus. Coba di cek di maskapai penerbangan masing - masing. Pastikan visa yang dipakai adalah visa pelajar.


IMG_20130910_202808


mtf_DVhhX_154


Buku - buku yang gw beli di Gz. Foto kedua tu buku yang bisa gw selesaikan selama gw di Gz. Hohoho~


mmexport1386916392913


Sebelum ujian, sebelum gw balik ke Indonesia, kita makan rame  - rame dulu di Hanstory. Ada Amel, gw, Pixie, ma Miao Ting.


20131218_124857

Entah kenapa orang Korea suka banget foto pose ini.


20131218_125800(0)

Gw perhatiin kalo cowok Korea demen banget ngelipet bagian bawah celana panjang mereka.


20131220_164732

Si David Zhong ini idamannya cewek di kelas gw karena orangnya baek banget. Terus pinter pula. Si inisial M demen banget ma dy. Btw perut nya si David ini bener - bener kotak tak tak lho... Kok gw bisa tau? Jadi suatu hari HP nya dia di ambil ma Christian (temennya) lalu ama Christian, disebar tu foto perutnya David di group wechat. LOL Btw pas foto ini dia lagi tukeran coat ma gw. Karena coat gw kurang tebel, dia pake coat gw, gw pake coat dy. Tapi dia bilang kok coat lo cewek banget sih (ya kali gw kan cewek...) Akhirnya dia bilang foto yang dia pake coat gw jangan sampai tersebar di mana - mana wwkwwkkwkw...

mmexport1387466432610


Sam, Safwan, gw, ma Hyena


mmexport1387772531276


Bruna, gw, Pixie, Hyena, Sultan, dan Dessy


Saat - saat terakhir gw di Gz. Ini habis ujian hari terakhir, lebih tepatnya tingshuo. Gw orang lagi nunggu dipanggil untuk ujian. Habis ujian pada ke kelas lagi buat makan malam bareng - bareng malemnya.


20131221_172517

Kamar gw di sushe. Berantakan banget soalnya dah mo balik ke Indonesia. AC nya pake acara bocor soalnya selama musim panas gw nyalain terus. Kamar ini di lantai dua. Walau kecil tapi OK lah kalo buat satu orang kayak gw aja mah. Ini gw beres - beres dibantu ama Inneke. Bantu mompa, bantu nimbang. Bagasi gw dapet 40 kg lho pake Singapore Airlines (SQ). Terus pas itu tiket gw dapet murah. Lebih murah dari Garuda, jadi gw pilih naik SQ untuk balik ke Indonesia. Belinya penuh perjuangan. Temen - temen yang ga tau pada pilih Garuda, untung gw cek dulu harga di web nya SQ. Yeay ^^

Hari di mana gw balik, pesawat gw delay di Baiyun Feijichang (Bandara Baiyun). Duh gw udah ketar - ketir aja nih manalah antara sampainya gw di Baiyun ama waktu transit gw di Singapore cuma bentar doang. Jadi gw deg - deg ser juga sih. Untung dari pihak SQ nya sangat membantu untuk masalah ini. Mereka contact terus dengan SQ di Singapore memastikan gw bisa naik ke penerbangan saat itu kalo ngga gw bisa naik penerbangan berikutnya. Ternyata gw bisa ngejar penerbangan gw, hanya saja bagasi gw nyusul besok paginya. Diantarkan langsung ke apartemen gw. Pagi - pagi sekitar jam setengah enam pagi. Thank you SQ.

Goodbye Gz. Gonna miss you. Muach :3

Comments