ICooked : Green Salad with Chicken Fajitas and Yogurt Sauce ; Choco Chip and Cheese Muffin ; Corn Chips with Chicken Red Bean Sauce and Pico de Gallo

Sudah lama yah ga ngepost di blog. Maklum lagi ga di Jakarta. Jarang ada waktu buat nulis blog. Tapi hari ini kangen banget pengen nulis. So here I am.

Jadi gw belakangan karena lagi mudik, jadi ada space buat memasak. Gw rada malas sih kalo harus masak di Jakarta karena dapur kecil di apartemen, jadi kadang ngerasa kalo masak di apartemen tu, kamar gw jadi bau masakan. Dan gw paling males kalo kamar gw bau masakan. Jadi gw selalu memanfaatkan moment mudik gw buat masak.

- I love food, food love me. We're kind of soulmate. - Ricca


Green Salad with Chicken Fajitas and Yogurt Sauce


Kemarinan gw merasa berat gw naik drastis selama gw mudik. Akhirnya gw memutuskan untuk membuat salad supaya ada serat sayur yang masuk ke badan gw.



2015-07-18 13.02.34


Bahan Green Salad :
2 macam selada jenis apa aja, sobek - sobek
1 buah timun, iris tipis
1 buah wortel, iris halus


Bahan Yogurt Sauce :
1 cup yogurt
3 sdm minyak zaitun
Perasan air 1/2 jeruk lemon
2 siung bawang putih
2 sdt kecap Inggris
1 sdm saus sambal botol
1 sdt cabai bubuk
1/2 sdt garam
1/2 ssdt merica bubuk
1 1/2 sdt gula pasir
keju cheddar parut


Bahan Chicken Fajitas :
300 gr daging dada ayam tanpa tulang. Iris tipis.
1/2 sdm ketumbar bubuk
minyak zaitun
1 sdm cabai bubuk
daun seledri
Perasan air 1/2 jeruk lemon atau jeruk nipis
2 sdt garam
3 siung bawang putih, cacah


Cara membuat :
Yogurt Sauce : campur semua bahan. Masukkan ke kulkas minimal dua jam.
Chicken Fajitas : Semua bahan di campur kecuali daging ayam. Jadilah bumbu perendam. Masukkan daging ayam ke dalam bumbu perendam. Masukkan ke dalam kulkas minimal 1 jam. Setelah bumbu dirasa meresap, gw sih pakai happy call. Gw masukin semua seair - air lemonnya ke dalam happy call. Lalu gw bolak balik aja sampai matang.
Penyajian : Campur semua sayur dan chicken fajitas. Tambahkan yogurt sauce. Kalau mau merata, harus dicampur dengan tangan. Atau cara lainnya masukkan ke dalam tupperware lalu tutup dan dikocok aja sampai rata semua bumbunya.

Choco Chip and Cheese Muffin


Jadi ceritanya adek gw mau bikin muffin. Karena gw pecinta muffin, terutama cheese muffin, gw langsung mau ngikut bikin juga dong. Jadi lain kali gw bisa bikinnya juga. Hohoho...

2015-07-18 13.01.37

2015-07-18 13.00.45Bahan :
260 gr tepung terigu, ayak (tapi ga gw ayak LOL)
170 gr margarin
80 ml air
3 gr garam
3 butir telur, kocok lepas
225 gr gula halus
5 gr baking powder
choco chip
keju, ada yang dipotong kotak kecil dan ada yang diparut

Cara membuat :
1. Lelehkan margarin, kalo udah masukkan air dan garam. Tunggu sampai mendidih.
2. Campur terigu dan lelehan margarin yang masih panas. Campur rata lalu kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan hangat.
3. Kalau adonan sudah hangat, masukkan telur. |
4. Campurkan gula dan baking powder, lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata.
5. Dari awal sampai akhir adonan dikocok dengan kecepatan sedang.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin (gw saranin sih 2/3 sampai 3/4 ukuran cetakan muffin.)
7. Untuk choco chip muffin, setelah adonan dituang ke dalam cetakan, taburkan choco chip di atasnya sekitar 7 butir choco chip.
8. Untuk cheese muffin, masukkan adonan separuh, lalu isi dengan keju, lalu masukkan adonan lagi, baru beri taburan keju parut
9. Bakar di oven dengan suhu 190 derajat selama 25 menit. Gunakan kombinasi 20 menit api bawah dan 5 menit api atas.

Corn Chips with Chicken Red Bean Sauce and Pico de Gallo


Jadi ceritanya hari ini ada kumpul keluarga di rumah gw. Gw pun memutuskan untuk bikin cemilan buat iseng.

2015-07-19 15.07.52

Bahan :
1 bungkus corn chips

Bahan Chicken Red Bean Sauce :
3 siung bawang putih
1 buah bawang bombay ukuran kecil
olive oil untuk menumis
225 gr daging ayam giling (bisa pakai daging sapi)
150 gr kacang merah, rendam semalaman, rebus sampai empuk, lalu giling kasar
1/2 sdt oregano
1 sdt garam
1 sdt cabe bubuk
1 sdt gula pasir
saus tomat
saus sambal
air
keju parut
daun bawang

Bahan Pico de Gallo :
tomatjeruk nipis

Cara membuat :

Chicken red bean sauce : panaskan olive oil. Masukkan bawang putih dan bombay, tumis sampai harum. Masukkan daging ayam, masak hingga separuh matang. Masukkan kacang merah (jangan semuanya, masukkan sedikit dulu saja.) Lalu masukkan air. Masukkan garam, oregano, cabe, dan gula pasir. Masukkan saus tomat dan sambal. Nah triknya di sini nih. Saus ini gw sarankan sih bentuknya harus kental, ga boleh basah karena akan disiram di atas corn chips. Kalo terlalu basah, nanti susah makan corn chips nya. Jadi dikira - kira aja airnya. Kalo dirasa terlalu basah, masukkan lagi kacang merahnya. Jadi di sini kacang merahnya tu fungsinya untuk mengentalkan saus ini. Kalau masih kurang rasa, tambahkan saja saus tomat (kalau mau manis) atau saus sambal (kalau mau pedas) sesuka kalian dan tambahkan sedikit garam lagi. Masak hingga mengental. Lalu masukkan daun bawang. Aduk rata. Tambahkan keju parut.

Pico de Gallo : tomat dipotong kotak. Campurkan dengan air jeruk nipis.

Penyajian : Tuang corn chips. Tuang chicken red bean sauce diatasnya dan juga pico de gallo. Lalu kalau misalnya nih kalian merasa chicken red bean sauce nya terlalu kering, tambahkan perasan air jeruk nipis dari pico de gallo. Dijamin enak.

Btw, gw sebenarnya ga tau istilah Pico de Gallo. Tapi cicik gw bilang kalau tomat yang gw buat itu seperti pico de gallo. Hahaha...

Comments