Adult Coloring

Hari itu saya ke Periplus bersama dengan teman saya. Tujuannya adalah untuk membeli kado untuk adik saya, berupa buku dari Liz Climo. Di sanalah saya bertemu pertama kali dengan buku mengenai adult coloring. Dan saya jatuh cinta. Tetapi saya masih belum membelinya karena harga buku tersebut cukup mahal.

2015-10-26 09.57.00

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak membeli dulu karena bokek habis membelikan adik saya tiga set buku dari Liz Climo untuk kado ulang tahunnya. Sayapun menjauh dari Periplus, tetapi di dalam hati masih kuat rasa keinginan untuk membeli buku ZenDoodle Coloring ini.

Siang itu, ditengah kepenatan pikiran saya, saya melihat di Path sepupu saya memfoto hasil mewarnai dia. Saya terpana akhirnya bertanya kepada dia, dimana dia mendapatkan gambar - gambar itu. Akhirnya dia memberitahu bahwa dia mendownloadnya dari internet. Saya pun sibuk browsing. Entah kenapa saya tidak terpikir untuk mendownload dari internet. Mungkin otak saya sendiri lagi penat sehingga hal tersebut tidak terpikirkan.

Mewarnai


Memang terdengar seperti kegiatan yang dilakukan oleh anak kecil. Tetapi saya pribadi memang suka sekali mewarnai. Rasanya menyenangkan dan melepaskan stress. Tapi selama ini, buku mewarnai yang muncul di pasaran hanya buku mewarnai untuk anak - anak. Tapi kadang saya beli juga sih kalau iseng. Karena bagi saya, warna menstimulasi diri saya untuk merasa lebih gembira.

2015-10-25 20.26.54

Untuk mewarnainya sendiri, saya menggunakan spidol dari Snowman 24 warna dan Faber Castell 60 warna. Kelemahan mewarnai dengan spidol adalah, jika kita menimpa warna spidolnya, walaupun dengan warna yang sama, akan muncul bekas jejak mewarnai yang cukup mengganggu. Selain itu, jika menggunakan pensil warna, kita bisa membuat gradasi tebal tipis dari satu warna. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh spidol. Tetapi bagi saya pribadi, spidol memunculkan warna yang lebih kuat dan lebih hidup.

Sebenarnya ada satu set spidol yang saya inginkan. Tapi ga kuat boooo... Satu setnya hampir seharga tiket pesawat PP Jakarta Hongkong. Itupun belum yang benar - benar lengkap. Tapi saya memang jatuh cinta dengan spidol itu. Untuk harga satuannya sendiri hampir Rp 55.000,-/pc. Akhirnya saya memutuskan cukup dengan spidol yang saya punya saja. Toh saya juga bukan profesional.

Berikut hasil bikinan saya.

skull

doodle

2015-10-25 20.25.14

2015-10-25 20.25.36

2015-10-25 20.26.00

gambar di atas adalah gambar - gambar yang pada awalnya saya warnai. Awalnya hanya menggunakan 24 warna dari spidol snowman. Paduan warnanya tidak terlalu banyak tapi saya cukup puas.

2015-10-25 20.26.28

2015-10-25 20.27.13

2015-10-28 10.48.58

IMG_20151026_201815

2015-10-28 10.49.34

Gambar di atas saya warnai dengan perpaduan warna dari perpaduan Faber Castell dan Snowman. Ujung spidol faber caster terasa lebih tebal daripada snowman. Jadi agak sulit untuk detail kecil. Tetapi sejauh ini saya berhasil mengakalinya. Sedikit banyak hasil bikinan saya pun menjadi lebih rapi juga daripada awal - awal.

Harus saya akui bahwa hasil print - printan dengan membeli bukunya jelas memberikan hasil yang berbeda. Saya print di kertas HVS, sehingga ketika diwarnai dengan spidol, akan sedikit tembus ke belakang kertas, dan kertas menjadi agak basah.

Walau bisa mendownload dari internet, saya tetap menginginkan bukunya. Sepertinya saya akan membeli buku Zen Doodle Coloring yang seri Enchanting Garden ini. Dan seri lainnya juga. Saya sendiri sudah menitip satu buku pada saudara saya yang ada di Singapore.

Saya cukup senang dan puas dengan hasil bikinan saya dan kegiatan yang saya lakukan ini. Kegiatan ini membuat pikiran saya lebih tenang dan walau untuk sementara, minimal pikiran saya tidak terlalu tegang. Saya juga merasa kepenatan saya berkurang.

I love it.

"We don't stop playing because we grow old; we grow old because we stop playing."
George Bernard Shaw

Comments