Berenang di Udara

Saya suka travelling. Saya suka terbang. Perjalanan paling pendek yang sering saya lakukan adalah Jakarta - Semarang dan Semarang - Jakarta. Perjalanan paling jauh adalah Jakarta -  Vancouver. Paling suka long haul flight karena saya hobby ngumpulin foto makanan di pesawat. Yang paling saya nikmati penerbangan Vancouver - Hong Kong karena tempat duduknya enak. Yang paling saya nikmati makanannya penerbangan Singapore - Tokyo dan Osaka - Singapore karena saya pesen makanan model Jepangnya. Lucu sih.

Aduh jadi kangen travelling lagi. Rencana 2016 ini ga banyak travelling. Paling bulan Oktober mau ke Singapore dan November ke Bali untuk dateng ke acara married teman saja. Tapi udah nabung dong buat 2017. Rencana mau ke Canada lagi mumpung visa masih ada. Atau lebih baik ke Eropa ya secara visa Canada masih sampai 2018. Korea dipending dulu Lol. Saya jadi bingung. Nasib hobby jalan - jalan duit pas - pas an ya gini. Mimpi saya salah satunya ya kalau mau travelling ga pake mikir tinggal jalan. Asoi banget ga sih.



Jadi apa sih yang penting - penting buat saya di penerbangan?

  • Pakai pakaian yang enak dipakai. Trust me! Saya pernah mau begaya pakai cardigan di pesawat. Biar bisa travel in style. Fak! Keputusan terburuk. Saya menyesal. Untung saya ada bawa jaket juga. Jadi akhirnya semua baju saya lepas, saya pakai jaket aja. Emang pakaian paling enak buat naik pesawat tu cuma kaos, celana panjang, ma sepatu kets. Walaupun saya suka tergoda travel in style (yang kebanyakan gagal), tapi saya selalu pilih sepatu setiap kali naik pesawat. Saya ga bisa bayangin, sudahlah saya ga jago pakai high heels, ngebayangin pake high heels sambil angkat - angkat bagasi lalu naik kereta itu bikin males sih. Saya selalu gagal paham sama orang - orang yang sanggup melakukan ini. Oh ini tidak berlaku untuk perjalanan domestik karena kalau perjalanan domestik saya sukanya pakai sandal.

  • Akankah lebih baik kalo bawa sandal jepit juga untuk long haul flight. Jadi kalau capek bisa ganti pakai sandal dulu. Kan kadang kalo long haul flight berasa juga pengen duduk bersila atau angkat - angkat kaki ke kursi atau goyang - goyang kaki atau apa kek. Kalo pake sandal kan gampang tinggal lepas sandal aja.

  • Bawa baju tidur. Ini penting juga. Kalau long haul flight saya ga mau pakai baju yang ribet - ribet lah pokoknya. Ganti baju tidur aja di pesawat enak. Pakai yang satu set baju tidur + celana. Yah jangan pakai daster juga sih.

  • Banyak minum air. Ini penting banget sih. Saya selalu minta minum setiap beberapa saat, apakah itu jus jeruk ataupun teh ataupun air mineral. Tapi saya jarang sih minta teh selain pas makan aja karena saya berusaha ga terlalu banyak mengkonsumsi kafein selama perjalanan. Tapi efeknya ya saya bolak - balik toilet terus. Makanya saya selalu minta duduk on the aisle selama di pesawat.




  • Selalu bawa sabun cuci muka, toner, dan pelembab muka untuk long haul flight. Penting ini penting. Senjata perang saya, entah  jalan ke manapun, saya akan memakai pelembab, bedak, eyeliner (kalo naik pesawat pakai yang pensil biar gampang dibersihin), pensil alis, lipgloss, dan lipstick. Rempong? Kaga itu 10 menit doang pakenya. Ga pake repot. Saya ga bisa dandan sih (pengakuan). Nah maka dari itu, alat perang + sabun + toner selalu ada di dalam tas saya ketika bepergian. Kalau sudah naik pesawat dan mau tidur, langsung deh saya bersihin muka pakai pelembab lalu tidur. Saya gak mau tidur dalam keadaan muka kotor. Bikin rusak kulit aja. Kayak gak inget umur. Khusus untuk long haul flight lintas benua saya ga mau pakai make up sama sekali di muka sekalinya udah naik pesawat walaupun ga tidur. Tenang kaga ada yang perhatiin dan saya ga pernah ngalamin kayak di film - film ada cowok ganteng ngajak kenalan. Oh iya, saya selalu koleksi sampel untuk pelembab muka dan pelembab badan lho. Biar gampang pas mau dibawa naik ke pesawat. Sampel pelembab wajah saya yang L'occittane. Biasa satu sampel bisa saya pakai sampai 2 - 3 kali pemakaian.

  • Pelembab badan jangan lupa.

  • Face spray kalo bener - bener long haul flight yang jauh seperti perjalanan saya ke Vancouver. Percaya deh ini sangat berguna pas muka udah capek dan sumpek.

  • Oh kalau long haul flight saya suka iseng bawa masker juga. Enak deh pakai masker di kabin. Tapi plis jangan pakai masker yang susah - susah. Pakai aja itu masker yang bentuk topeng dan ga usah dicuci. Selesai maskeran, diangkat, berasa lembab kan tuh. Nah jadi saya ga usah pakai pelembab lagi deh sebelum tidur di pesawat.

  • Bawa sikat gigi dan odol. Ini juga penting. Males banget kan kalo BM. Apalagi kalau di perjalanan panjang. Eh saya rajin lho gosok gigi di pesawat. Menurut teman saya, sikat gigi itu penting karena bikin kita merasa lebih segar. Serius, bahkan pas kerja pun dia bawa sikat gigi lho. Jadi ceritanya (ini melenceng sih) malam itu kita mau pegi nonton dan dia habis kerja seharian. Mukanya kucel banget dan kita nontonnya itu yang malem banget gitu. Akhirnya dia gosok gigi dulu. Untuk pertama kalinya saya tahu kalau ada orang yang bawa gosok gigi dan pasta gigi ke tempat kerja. Dan dia mengajari saya masalah gosok gigi = segar itu.

  • Bawa bantal leher. Ini penting. Biar ga capek.

  • No bra for long haul flight Lol. Saya usahakan memakai airism dari Uniqlo. Itu adem banget, pergerakan anginnya lancar. Tidak menekan bagian apapun dan semilir angin sejuk bisa terasa wkwkwkw.

  • Saya selalu bawa earphone. Penting! Untuk hiburan karena saya selalu siap lagu favorit di dalam smartphone, ataupun untuk pesawat yang menyediakan in flight tapi earphonenya harus beli (baca : Batik Air), dan juga penting untuk mencegah diajak ngobrol pas lagi capek dan ngantuk. Bawaannya pengen istirahat di pesawat. Tapi pernah satu kali penerbangan HongKong - Jakarta. Sudahlah saya capek bawa dua ibu - ibu travelling, eh orang sebelah saya, orang China asli, ngajak saya ngobrol terus padahal saya sudah pasang earphone. Pakai mandarin pula. Ga diladenin kasihan, diladenin itu udah penerbangan tengah malam saya ngantuk banget. Akhirnya saya tinggal tidur.

  • Saya suka baca buku tapi saya ga mau baca buku untuk long haul flight. Capek. Mendingan dengerin lagu kalo ga nonton.

  • Bawa charger HP di dalam tas. Ini penting juga. Di Cathay saya bisa ngecharge.

  • Oh saya selalu mengumpulkan miles lho. Lumayan kalau bisa dapet tiket gratis atau upgrade class.

  • Okeh saiah baru baca di sini kalau ternyata air keran di pesawat itu banyak bakterinya. Apa - apaan neh. Selama ini saya selalu cuci muka dan gosok gigi pakai air di pesawat lho. Ih oh... hoek... hoek... Asem cui ga seneng deh bacanya. Menyesal. Next bakal minta air minum aja buat cuci muka ma gosyok gigi.

  • Fakta lain adalah, katanya sih lidah suka mati rasa kalau lagi terbang. Di udara, kemampuan kita merasakan asin dan manis turun sampe 35% makanya rasa makanan di pesawat jadi kurang enak. Buat saya enggak tuh. Apa karna emang dasarnya rakus aja ya? =P


Yah itulah tips travelling dari traveller awam seperti saiah. Oh satu tips lagi. Dan ini berguna banget. Jujur aja kalau ga mau capek travelling naik pesawat, upgrade aja ke business class. Ada harga ada barang. Tapi karena kalau bayar sendiri maunya yang murce - murce aja, ekonomi pun saya terima dengan hati senang riang gembira pokoknya travelling.

Hidup jalan - jalan.

Comments

  1. Biasanya kalo naik pesawat yg long haul, setelah tanda kenakan seatbelt nya padam, aku selalu nyopotin sepatu, jadi ga dipake terus.. Ini juga tahu nya karena dulu liatin org2 juga.. Yg penting bau kaki aja kali yaa. Hehe

    ReplyDelete
  2. Haizzz typooo, maksudnya gak bau kaki yaaa haha

    ReplyDelete
  3. Ahahaha problem beberapa orang yang pake sepatu itu bau kaki. Tapi selama kaga bau mah ga masalah. Soalnya kalau long haul sepatunya dipakai terus kan pegelllll :D

    ReplyDelete
  4. Iyaapp.. Setuju banget.. Pegelll.. Aku malah ngerasa kayaknya kaki nya membengkak, jadi kayaknya ga enak banget hahaha. Pernah ngerasain pas naik salah satu pesawat yg leg room nya kecil dan org disamping juga badan nya gede kayak aku, dan bawaan banyak, jadi ga buka sepatu dan rasanya ga enak bangett..

    ReplyDelete

Post a Comment