Hawker Center Singapore

Salah satu tempat yang suka gw datangi kalau ke Singapore adalah Hawker Centernya. Jangan berharap kebersihan ala Singapore ya kalo ke sana. Most of hawker center are so messed up. Tapi gw suka pegi ke sana karena makanannya murah dan juga kebanyakan enak. Salah satu hawker yang selalu gw datangi adalah hawker center di People’s Park, Chinatown (MRT Chinatown Exit D). Lokasinya di bawah pusat perbelanjaan di sana. Di dekat sana ada yang jualan Yong Tau Foo, salah satu makanan yang selalu gw cari setiap kali gw ke Singapore. Hawker center yang gw datangi di People’s Park ini tempatnya bersih banget. Ga ada namanya lantai basah, berisik, orang buang sampah sembarangan, dll. Di sini juga ada yang jual sup organ dalam babi + sayur asin. Enak? OK lah kalo menurut gw. As you know, makanan di Singapore ga pake banyak vetsin jadi menurut beberapa orang mungkin hambar. Tapi gw sih suka – suka aja.

Biaya gw makan Yong Tau Foo paling mentok saat trip gw kemaren ga sampai SGD 10, dan itupun share ama nyokap gw. Kenyang banget. Lalu ya karena gw rada boros, selama gw di Singapore gw selalu pesen air minum dan minuman kalengan karena gw ga biasa minum langsung dari tap water. Satu botol air ukuran 600 ml di Singapore rata – rata SGD 1. Kalau mau murah ke supermarketnya. Air ukuran 1,5 liter kurang lebih SGD 0.80 (CMIIW). Untuk minuman kaleng mentok SGD 2, dan untuk juice nya gw cari paling murah di Bugis, 1 gelas SGD 1. Kalo di hawker center Chinatown yang dalam pusat perbelanjaan itu 1 gelasnya SGD 2.70. Lumayan mahal sih. FYI, selama gw minum jus di Singapore, gw ga menemukan tambahan gula di dalam jus gw.

 

Yong Tau Foo


20170502_085326

Gw masih inget jaman SD gitu pertama kali ke Singapore. Rasanya semua makanan mahal banget. Atm, mi familia have no money. Makan Yong Tau Foo macam ini aja udah berasa mehong banget. Apalagi pas masa itu most of Singaporean jutek banget. Nambah bawang ma kecap aja dijutekin. Sekarang, they are much more better. But still, this food brings back a lot of memories. Since then, ini jadi makanan wajib setiap kali gw dateng ke Singapore. Beda banget ama Yong Tau Foo di Indonesia, menurut gw Yong Tau Foo Singapore sih enak banget ya. Padahal ga pake banyak vetsin, kuahnya juga ga segurih yang di Indonesia.

 

Song Fa Bak Kut Teh


20170430_194525


Nah ini juga nih yang katanya beda ama Indonesia punya. Dan gw rasakan emang. Bedanya menurut gw di vetsin deh. Yang di Singapore punya ga gurih. Tapi berhubung gw jarang konsumsi vetsin juga jadi ya OK aja buat gw. Ini gw makan yang di dekat MRT Chinatown (Exit E). Pas gw pegi sih ngantri ya. Tapi antriannya rapi dan pelayanannya super cepat juga jadi no problem sih.

 

Bai Nian


20170501_105454

You hao chi you pian yi. Enak terus murah. Ini adalah sejenis classic yong tau foo di Singapore sono (CMIIW). Ini gw makan di hawker centernya Bugis, deket OG Plaza. Ini hawker rada berantakan. Sebenernya gw cari mie bakso ikannya, tapi berhubung ga nemu dan gw liat antrian ni makanan rame, gw ikut – ikutan kepo dan ngantri. No regret ini enak banget sih. Satu porsinya SGD 4.50. Aslinya bisa pakai bihun ato mie gitu tapi gw ga pake karena jujur aja gw udah kekenyangan banget makan ini. FYI, arti kata Bai Nian adalah ratusan tahun.

 

Ma La Xiang Guo


20170501_192136(0)

Karena makan mala xiang guo di Mala House, Muara Karang, gw jadi kangen ama Mala Xiang Guo asli di China. Berhubung ga ke Guangzhou dan Cuma ke Singapore, akhirnya ya udah gw makan aja Mala Xiang Guo di Chinatown. Ini hawker center (Exit C MRT Chinatown) paling berantakan yang pernah gw datangi. Tapi makanannya enak  - enak. Kebetulan gw dikasi tahu lokasi malaxiangguo paling enak di sini, jadi gw tau spot – spotnya. Gw bisa tunjukin tempatnya tapi ga bisa kasi petunjuk. Cari aja yang tulisannya di atasnya Ma La Xiang Guo, lokasinya di pojok depan luar dan pojok belakang dalam. Dia ada dua cabang. Ini enak banget dan total damage nya SGD 15 buat berdua.

 

Fourfinger Chicken


20170502_172139

Gw makan ini di bandara Changi karena I have no idea what to eat. OK juga lah rasanya kayak chicken wings yang menjamur di Jakarta tapi rasanya lebih asin aja sih.

Btw, semua post an gw ini mengandung babi yaaaaa…

Comments

  1. hawker center yang paling sering aku kunjungin itu adalah hawker center dibelakang bugis junction, soalnya kadang susah yang pas, dan mungkin karena males browsing hahaha

    ReplyDelete
  2. Hahaha sebenernya banyak di singapore. Kalo aku nemunya sih karrna muter2 lalu pas aja nemu =)

    ReplyDelete
  3. hahaha.. iya, dulu pas sepupu aku tinggal di Singapore, dia yang bawa jalan, tapi mang sesempatnya juga, soalnya aku jarang lama di SG, dulu seringan transt semalam aja, jadi hawkernya pun yah 1 kali aja..

    ReplyDelete

Post a Comment