Pempek

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terkenal. Bagi gw, pempek itu semacam comfort food. Gw suka banget makan pempek. Apalagi sekarang pacar gw orang Palembang (apa hubungannya!?).


Mr. Y si sipit itu bisa membuat makanan favorit gw ini lho. Bahkan sebelum kita jadian aja dia rela gorengin gw pempek. Eniwei dia sebenernya mau kasih gw, tp gw bilang kalo gw malas gorengnya. Wanita jaman now. Eh Mr. Y mau dong gorengin buat gw. Yeay =) Cinta kami dipersatukan oleh pempek lenjer.


FB_IMG_1512783487223Pempek by Mr. Y


Karena punya pacar yang sama - sama suka makan pempek juga, maka gw sebagai seorang cewek berinisiatif belajar membuat kuah pempek. Gagal dong =)=)=) Bahannya karena lupa beli gw modif sendiri. Maafkan aku bahan kuah pempek. Aku menyia - nyiakanmu. Pas gw cerita soal ini ke Mr. Y dia bilang "Ngapain lagi lo belajar bikin pempek. Ga usah gw aja yang bikin orang gw udah bisa. Lo belajar bikin yang lain aja."


😒😒 Oke...


Pempek sendiri ada banyak jenisnya. Berikut yang gw tau dan bisa gw deskripsikan rasa dan perbedaannya.


1. Pempek kapal selam dengan bentuk seperti kapal selam, isinya telur.


6210493_47cd2f44-a14f-11e4-bab7-fcf74908a8c2
Source : masakanspesial.com


2. Pempek lenjer dengan bentuk lonjong memanjang. Rasanya kalau sudah digoreng jadi renyah di luar, kenyal di dalam. Kalo lagi males digoreng , bisa direbus lalu dimakan. Enak lho.


paket-pempek-e-3-lenjer-besar-4-kapal-selamSource : omiyago.com


3. Pempek adaan / bulat ini biasanya dikasi santan di adonannya.


pempek-adaan-8
Source : resephariini.com


4. Pempek kulit ini favorit gw. Rasanya khas dan kuat. Tidak bisa dideskripsikan tapi enak.


pempekkulit
Source : resepjuna


5. Pempek keriting kalau digoreng jadi crunchy.


pempek-keriting-460x295
Source : pempek yoss


6. Pempek lenggang, berbeda dengan pempek kapal selam dengan adonan ikan diluar dan telur di dalam, kalau pempek lenggang ini telur dikocok lalu dikasih potongan pempek lenjer. Bisa digoreng maupun dipanggang. Tips dari Mr. Y, kalau digoreng minyaknya harus banyak dan panas.


graphic61
Source : mcoji.wordpress.com


Mr. Y suka pempek lenggang dengan banyak telur. Gw banyak berdoa semoga dia ga bisulan karena kebanyakan telur.


Nah berikut ini list pempek yang gw suka di Jakarta.


1. Pempek Tenny


Hua... ini mah ga usah diragukan lagi rasanya. Rasa ikannya berasa tapi ga amis. Kuahnya juara sih soalnya kental dan enak. Soal harga sih lumayan mahal. Berasa banget bayarnya kalau lagi makan pempek Tenny.


Alamat :
Jl. Malaka II / Orpa no. 21 Jakarta Barat
Daerah Stasiun Kota
Roa Malaka, Tambora, Jakarta

2. Pempek Eirin 10 Ulu
Gw tau pempek Eirin 10 Ulu karena tunu. Tau ga tunu? Pempek panggang itu lho. Enak banget. Jarang ada yang jual pempek tunu. Gw aja baru tau gara - gara browsing. Akhirnya gw memutuskan memesan pempek Eirin 10 Ulu. So far, pempek ini andalan gw. Harganya oke, rasanya enak, gw suka banget kalo pake ebinya banyakan.


Alamat :
Jl. Pintu Kecil No.3
Glodok, Tambora, Jakarta Barat

3. Pempek Merdeka


Dulu pas pindah ke Jakarta, kan belom ada gojek ya. Kalo kangen makan pempek, gw bakal makan pempek Merdeka karena banyak buka di foodcourt. Pempek ini so far so good tapi mahal. Yang gw makan ada di Urban Kitchen Central Park, Jakarta Barat.


4. Pempek kedai Terate


Karena ongkir pakai gojeknya murah, makanya gw suka pesan pempek di kedai Terate. Rasanya biasa aja, harganya juga ga terlalu mahal. Lumayan kalo mau ngemil - ngemil.


Alamat :
Jl. Terate No. 31, Tambora, Jakarta

5. Nah ini pempek yang adanya di Semarang dan Yogyakarta. Namanya pempek Ny. Kamto. Kan susah ya di Semarang nyari pempek. Akhirnya buka juga satu rumah makan pempek yang endeus. Gw pun berbahagia. Ini andalan gw kalo lagi kangen pempek di Semarang maupun di Yogya. Yang sering gw makan ada di DP Mall, Semarang.


Jadi ada rekomendasi ga di mana gw bisa dapat pempek yang enak??? Please let me know ya.

Comments