Travel More Learn More

"There are only two mistakes one can make along the road to truth :
not going all the way and not starting"
Buddha


wp-image-1950989401
Singapore; around 2011 or 2012 (totally forgot)


wp-image-1414639282
Tokyo Disneyland; 2012


wp-image-1042902390
Pito Lake, Banff - Canada ; 2015


Gw pertama kali traveling saat gw masih kecil. Ga inget umur berapa cuma kalo lihat di foto sih masih kecil banget. Saat itu kedua orang tua gw mengajak gw ke Bali dengan mobil. Mak gw cerita, cara termudah untuk membuat gw tertidur adalah dibuat nangis sampai ketiduran. Soalnya kalau nggak, gw bandel banget di mobil.


Lalu akhirnya keluarga gw beberapa kali mengajak gw jalan - jalan. Pernah ke Singapore dan Malaysia juga. Yang ke Singapore memorable sih, karena keterbatasan dana untuk traveling padahal babe pengen ngajak anak - anaknya jalan - jalan, akhirnya kita sekeluarga kalau makan tu yong tau foo mulu di Singapore. Tapi gw yah namanya masih kecil sih seneng - seneng aja sih diajak jalan - jalan walau harus makan yong tau foo setiap hari. Itu yong tau foo beli seporsi dibagi berdua atau bertiga.


Sampai sekarang setiap kali ke Singapore gw selalu cari yong tau foo di Chinatown karena mengingatkan gw sama perjuangan mak babe gw.


"You don’t have to be rich to travel well.”
Eugene Fodor


wp-image-968600030
Tsim Tsa Tsui - Hong Kong ; 2013


wp-image-990071531
Shibuya - Tokyo ; 2012


wp-image-1058486602Trans Studio Bandung, Indonesia ; 2012


wp-image-1993326336
Bali, Indonesia ; 2013


wp-image-1734886312Coal Harbour, Vancouver - Canada ; 2015


Selain Singapore, gw orang juga sering ke Thailand. Sering ke Thailand karena keluarga kakek gw memang orang sana, warga negara sana juga. Mereka Chinese perantauan yang merantau di Thailand. Kalau kakek gw sendiri dari Thailand balik ke China dan akhirnya merantau dengan adek lao ma alias adeknya mamanya kakek gw ke Indonesia, lebih tepatnya ke Borneo Island alias Kalimantan. Berpuluh tahun kemudian baru kakek gw ada kesempatan untuk bertemu dengan kakaknya di Thailand dan itu panjang banget ceritanya. Yang pasti sedih sih, pas ketemu mereka berdua berpelukan sambil menangis karena sudah puluhan tahun ga ketemu. Loh kok ceritanya jadi melenceng...


Oke jadi dilanjut ya.


Jadi ya pas gw masih kecil, gw ma adek gw suka diajak jalan - jalan. Keliling Jawa, Bali, dan Kalimantan. Lalu kita juga ke Singapore, Malaysia, dan Thailand. Traveling jaman itu masih sulit, informasi masih terbatas, ga ada tuh yang namanya cari info di internet. Komputer aja nunggu gw kelas berapa baru akhirnya ada. Itupun yang bisa make gw ma adek gw aja. Babe ama mak ga ngerti yang begitu - begitu.


" The gladdest moment in human life, me thinks,
is a departure into unknown lands." 

Sir Richard Burton


wp-image-1472710071Zhang Jia Jie - China ; 2012


wp-image-758476142
Eling Bening, Semarang - Indonesia ; 2016


wp-image-1485214862Macau ; 2012


wp-image-888732209West Kalimantan - Indonesia ; 2007


Pertama kali kami ikut tour saat gw duduk di bangku SMA. Trip nya untuk ke Shenzhen HK. Kelas berapa gw lupa. Gara - gara tour ini, gw rada kapok sih ikut tour. Kenapa? Karena dalam group tour gw ada yang ga on time. Ga on time sekedar 10 menit sih OK. Tapi mereka itu bisa ga on time 30 menit sampai satu jam lho. Satu dua kali OK lah, tapi hampir sepanjang perjalanan seperti itu. Itu sih bukan ga sengaja telat, itu namanya emang sengaja telat. Ga menghargai waktu orang lain dan menganggap waktu sendiri paling penting.


Gw suggest sih bagi orang yang ga bisa on time, bayarlah mahalan dikit, ikut private tour aja daripada mengganggu orang lain. Kalau ngga ya ga usah ikut tour, jalan aja sendiri. Kalian sih ga merasa terganggu, tapi yang ikut tour kan bukan kalian aja. Dan lagian kami bayar juga kok bukannya gratis atau kalian bayarin.


OK, terlepas dari masalah orang yang suka telat, yang gw ga suka lagi kalau ikut tour itu, makanannya dari awal gw orang datang sampai pulang sama semua. Ampe muak lho kami makannya. Dari datang ampe pulang 90% menu makanannya sama semua. Selain itu juga, gw ga suka diajak ke tempat belanja. Ngabis - ngabisin waktu aja di sana. Yang ngeselin ya, kalo jalan - jalan ke tempat lain waktunya dibatasi dan singkat, tapi kalau di tempat belanja kok waktunya dikasih panjang banget.


Tapi despite of hal - hal ga enak yang ga terjadi sepanjang perjalanan dengan tour ini, gw cukup menikmati itinerary yang disediakan. Dan ga usah rempong, tau ada yang bisa ditanya kalau ada masalah. Naik bis kalo capek tinggal bobo, ga usah susah mikirin rute.


"Remember that happiness is a way of travel – not a destination." 
Roy M. Goodman


wp-image-1014335920
Guilin Trip ; 2015


wp-image-420747497Nami Island - South Korea ; 2016


wp-image-1735364942
Semarang - Indonesia ; 2017


wp-image-1274486469Somewhere in China (Zhang Jia Jie Trip) ; 2012


wp-image-1101104446Thompson River - Kamloops Canada ; 2015


wp-image-2039268847
Joglondeso, Muntilan - Yogyakarta, Indonesia ; 2015


Selepas perjalanan ini, gw sekeluarga ga pernah pegi pakai tour lagi. Di akhir tahun SMA ada diajak babe ke Australia untuk ikut business conference tapi gw ga bisa karena jadwalnya bertabrakan sama jadwal gw ujian akhir kelulusan. Syedih...


Lalu sejak kuliah kayaknya gw ga traveling lagi deh. Buat adek - adek yang masih kuliah dan ada dana, dengarkan kata kakak. Kalau kalian lagi libur kuliah dan ada dana lebih, pergilah traveling. Lihat dunia. Mumpung waktu kalian masih banyak, bisa jalan - jalan. Jangan kayak gw, mau traveling kepentok cuti.


" A mind that is stretched by a new experience
can never go back to its old dimensions."
Oliver Wendell Holmes


wp-image-264077474
Taman Sari, Yogyakarta - Indonesia ; 2015


wp-image-2062264813Shenzhen - China ; 2015


wp-image-1731596853Emerald Lake - Canada ; 2015


Nah, sampai akhirnya tiba di moment gw lulus kuliah nih. Babe tanya mau kado apa buat kuliah. Gw bilang mau ke Singapore ama bungsu berdua aja. Babe rada khawatir kasih gw ma si bungsu berdua aja ke Singapore, tapi dikabulkan juga. Dengan akses internet yang seadanya, ga seenak sekarang, di tahun 2011 gw ma bungsu berangkat ke Singapore dengan diantar mak babe gw terus ditinggal. Mereka berdua balik ke Indonesia (tepatnya ke Riau dulu jalan - jalan).


Nah dari sini gw lumayan ketagihan jalan - jalan sendiri yang pada saat itu kalau mau sering jalan - jalan berdua aja ama si bungsu tetep ga di acc ama babe. Trip setelah ini banyakan ke Semarang aja ama Pontianak karena saat itu gw ma mantan gw LDR Jakarta Pontianak.


"Nobody can discover the world for somebody else.
Only when we discover it for ourselves
does it become common ground and a common bond and we cease to be alone."
Wendell Berry


wp-image-1969326809Watugong, Semarang - Indonesia ; 2016


wp-image-1988977493Guilin Trip ; 2015


wp-image-1277100971Vihara Maitri Graha, Tanjung Pinang - Riau, Indonesia ; 2016


Lanjut akhirnya gw putus ma mantan gw, di tahun 2012 akhirnya gw ikut tour lagi ke Jepang. Tour kali ini enak nih. Walau waktu dibatesin tiap kali mengunjungi tempat wisata, tapi gw orang ga diajak ke toko belanja. Terus peserta tour nya OK punya, mereka semua on time. Kalau telat cuma palingan 5 menit. Dan itu pun jarang. Pernah satu keluarga peserta tour telat satu jam, tapi bukan karena habit mereka telat, tapi karena mereka salah jam. Kami peserta tour lain pun memaklumi. Pokoknya tour kali ini enak deh. Hotelnya juga OK punya. Tour guide nya pintar membawa acara, ramah, dan baik. Makanannya juga berbeda - beda tiap kali makan. Ada makanan khas Jepang juga dan di rolling, bukan makanan yang sama setiap kali. Gw rekomendasikan Dwidaya Tour untuk pergi ke Jepang.


Ini pertama kalinya gw merasa senang dan puas ikut tour.


Tapi tetap saja gw ga suka ikut tour. Bukan karena tournya sih. Ini lebih karena gw pribadi suka pergi ke mana suka - suka gw. Pegi jam berapa suka - suka gw. Ga terikat jadwal dan waktu tour. Emang sih gw ke mana - mana pegi selalu bikin schedule, tapi lebih fleksibel aja waktu gw.


Dan perjalanan traveling gw ga berhenti di sini.


"Life begins at the end of your comfort zone."
Neale Donald Walsch


wp-image-949002292
Tanjung Pinang, Riau - Indonesia ; 2016


wp-image-446903489Haedong Yonggungsa Temple, Busan - South Korea ; 2016


wp-image-1594450575
Eling Bening - Semarang ; 2016


Pada tahun 2013, gw berangkat ke China untuk sekolah bahasa. Di sini gw sering pegi ke Hong Kong untuk jalan - jalan bareng teman sekolah di Guangzhou. Sempet juga kita ke Macau. Lalu gw sempat ada ikut tour local China ke Zhang Jia Jie. Walau tournya cukup menyiksa, tapi pengalamannya sungguh luar biasa. Trust me. Kalau kalian ke China, coba tour lokalnya.


Yang gw sesali adalah gw ga pegi menjelajah China. Harusnya gw selama di China, tiap kotanya gw explore. Inilah yang gw sesali. Unfortunately, I am not able to turn back time.


"One’s destination is never a place, but a new way of seeing things."
Henry Miller


wp-image-447273653Haedong Yonggungsa Temple, Busan - South Korea ; 2016


wp-image-1437771255
Garden By The Bay - Singapore ; 2017


wp-image-2067710281
Unggasan, Bali - Indonesia ; 2016


Balik ke Indonesia, gw mulai kerja. Di sini gw ga pernah ambil cuti untuk traveling.


Lalu gw resign. Dari sini gw mulai traveling lagi. Pertama - tama bareng keluarga gw di China, keluarga inti gw, dan cowok adek gw. Kita ke China. Kita dari Guangzhou naik mobil sampai ke Guilin. Cowok adek gw sempat ga betah karena makanan restoran kan oily banget ya. Kita makan di restoran terus. Akhirnya gw ajak dia makan street food di Guangzhou yaitu shao kao. Dia happy banget.


Lalu gw juga sempat pakai tour dari Indonesia untuk ke Canada. Tiga hari business conference setelah itu jalan - jalan. Ini tour yang berkesan dan Canada itu bersih banget, gw suka.


"Take only memories, leave only footprints."
Chief Seattle


wp-image-1579583879
Unggasan, Bali - Indonesia ; 2016


wp-image-430295700Dongdaemun Exit 7, South Korea ; 2016


wp-image-2026424596
Columbia Icefield , Canada; 2015


Setelah itu lanjut lagi ajak mak ama tante gw ke HK, Macau, dan Guangzhou. Ternyata ga mudah lho ngajak orang tua untuk jalan - jalan sendiri kayak gini. Kenapa? Karena mereka sudah ga kuat lagi untuk jalan terlalu capek sedangkan gw sendiri mau eksplor banyak tempat.


Tapi di satu sisi gw seneng juga karena ada kesempatan ngajak mak gw jalan - jalan. Bisa mengajak mak gw melihat banyak tempat. Walaupun gw harus bikin itinerary yang ideal supaya mak gw kaga kecapean.


"Investment in travel is an investment in yourself."
Matthew Karsten


wp-image-1758107516
Gereja Blenduk , Old Town (Kota Tua)  - Semarang , Indonesia ; 2017


wp-image-1720961868The Westin, Jakarta - Indonesia ; 2017


wp-image-419459917
Lake Louise, Banff - Canada ; 2015


Selain mak gw, gw ada ajak tante gw juga. Kalau tante gw sih semangat banget untuk jalan - jalan seperti ini. Dia happy banget. Staminanya juga kuat sih hahaha. Jadi kalau mak gw capek, tinggal di hotel untuk istirahat, gw ma tante gw lanjut lagi jalan - jalan.


Gw ada kesempatan traveling sendiri lagi adalah saat gw ke Korea. Ini seru sih. Mulai dari makanan, belanja, perjalanan. Dan gw merasakan keramahan orang local di sana. Mak, tante, dan adek gw aja sampai terpesona. Orang Korea baik - baik.


"The world is a book, and those who do not travel read only one page."
Saint Augustine


 

wp-image-1549061655
Garden By The Bay, Singapore ; 2017


wp-image-76571993
Susan Spa, Bandungan - Central Java, Indonesia ; 2017


wp-image-117536201Old Town (Kota Tua) , Semarang - Indonesia ; 2017


Lalu akhirnya awal tahun ini gw berkesempatan ke Thailand, tepatnya Phuket dan Bangkok bareng temen - temen gw. Setelah sekian lama (sepertinya terakhir kali SMA), gw ada kesempatan ke Thailand lagi.


Gw harus akui bahwa banyak pengalaman yang gw dapatkan dari traveling. Dari manis dan pahitnya traveling, gw ga kapok dan ga akan pernah kapok. Pengalaman belajar selama traveling, bertemu orang baru, berinteraksi dengan local people, belajar bahasa dan kebudayaan baru. Traveling adalah investasi terbaik dalam hidup gw.


"If you reject the food, ignore the customs, fear the religion and avoid the people, you might better stay at home."
James Michener


wp-image-2407173Somewhere in China (Guilin Trip) , 2015


wp-image-1572266197Bali, Indonesia ; 2013


wp-image-1627422879
Downtown Vancouver , Canada ; 2015


Sekarang gw sedang mempersiapkan beberapa itinerary untuk traveling. Since waktu libur itu ga terlalu banyak, makanya harus gw akalin nyusun itinerary nya. Sepadat mungkin tapi masih harus tetap bisa dinikmati.

Last but not least...

"To my mind,
the greatest reward and luxury of travel is
to be able to experience everyday things as if for the first time,
to be in a position in which almost nothing is so familiar it is taken for granted."
Bill Bryson


 

wp-image-1514757963
Sam Poo Kong , Semarang - Indonesia ; 2017


wp-image-287601494Mt. Fuji - Japan ; 2012


wp-image-917055823Rocky Mountain, Canada ; 2015

Comments