Wedding Venue

Dalam pernikahan paling ribet itu tentu saja memilih venue. Jujur ini adalah satu hal yang gw paling concern sebelum mencari yang lainnya. Kenapa sih gw ribet banget dalam memilih venue? Karena banyak banget syarat yang harus gw penuhi dalam memilih venue ini.


Syarat venue wedding gw :




  1. Berlokasi di Jakarta.

  2. Menjangkau tamu keluarga dan teman - teman gw yang kebanyakan ada di barat dan utara serta menjangkau tamu keluarga dan teman - teman cowok gw yang ada di utara, selatan, barat, timur, dan Tangerang (ho oh keluarga cowok gw tersebar di empat penjuru mata angin).

  3. Parkiran harus memadai. Ini penting banget karena babe gw udah ngingetin gw soal ini mulu dari jauh – jauh hari.

  4. Venue harus mampu menampung lebih dari 1000 tamu

  5. Terjangkau oleh gw karena yang bakal banyak ngurusin pritilan kawinan ini adalah gw. Biasalah gw kan orangnya ribet. Jadi akankah lebih nyaman bagi kami semua kalau lokasinya dekat dengan tempat gw tinggal maupun kerja. Untung daerah kerja gw lumayan di tengah – tengah antara tempat tinggal gw dan cowok gw. Oh well dan pertimbangan lainnya adalah karena kata adek gw sebagai cewek, karena kita lebih detail, maka kita akan lebih banyak ngurus ini itu daripada cowok.

  6. Catering yang gw mau harus masuk

  7. Harus dekat ama hotel – hotel untuk memudahkan tamu dari luar kota

  8. Tema ruangan harus senada dengan tema yang gw mau karena ini akan membantu banget dalam menentukan dekorasi dan menekan budget dekor

  9. Kalau bisa mau dapat venue yang sehari cuma melayani satu acara wedding saja


Ribet kan. Welcome to Asian Wedding Club (*tembakin confetti ke udara).


Overall, gw udah ga terlalu mempertimbangkan faktor macet karena ini Jakarta coi. Ga ada yang bisa menebak kapan kemacetan akan terjadi. Gw sendiri finger cross aja semoga pas acara gw ga macet. Wish me luck.


Nah, dengan syarat - syarat tersebut, awalnya ada satu restoran yang masuk dalam list gw nih. Kandidat kuat lah istilahnya. Kenapa? Karena dari kedelapan syarat itu dia memenuhi banget, plus dua hal lagi dimana menurut teman gw resto tersebut cocok dengan background gw dan juga ini yang paling penting sih, di sana gw dapat diskon dong. Tapi dibalik semua itu ada kekurangan dimana Mr. Y sempat bilang kalo dia pribadi agak kurang suka makanan di sana. Sedangkan dari ortu udah keras pengen di sana. Gw berusaha menengahi dengan berusaha mencari venue lain yang cocok bagi semuanya. Akhirnya dapatlah gw di venue gw yang sekarang. Di sisi lain ga pakai restoran itu karena di tanggal yang gw mau, tanggalnya udah di booking juga sih :P Emang rejekinya gw dan Mr. Y. Kenapa gw bilang gt? Karena di restoran itu makanan dan dekor udah dari sananya, sedangkan gw sendiri sebenarnya mau setting sendiri untuk dekor dan terutama makanannya sih. Jadi boleh dibilang ini rejeki gw?


Dan lucunya adalah, di venue yang gw pakai sekarang, kecuali fotografer, dari catering, dekor, dan entertaiment yang gw mau ada di sana semua. Emang ya kalau orang bilang rejeki orang menikah ga kemana.


Nah jadilah dengan bangga gw persembahkan kepada kalian. Venue gw adalahhhhhhhh.......


MASIH DIRAHASIAKAN :D:D:D


Nanti tungguin wedding reveiwnya ya.


Oh iya gw nulis panjang - panjang kayak gini sebenernya mau ngasi info mengenai wedding venue di Jakarta. Barangkali kalian berminat untuk pesta di sana, sudah gw list nih beberapa venue yang udah pernah jadi incaran gw. Sebelumnya sebenarnya acara gw mau ngundang dikit orang aja sekitar 150 undangan, eh ternyata pas di list meledak jumlahnya. Jadilah gw yang mumet nyari venue.


Berikut list - list venue yang pernah jadi kandidat gw


Jakarta Utara :




  1. Sunlake hotel, Sunter

  2. Restoran Angke (makanan gw jamin enak, sayang di Kelapa Gading. Terlalu jauh untuk beberapa tamu gw. Respon marketing baik dan cepat)

  3. Balai Samudra (muat banyak orang sekitar lebih dari 1000 tamu, tempatnya OK dan bagus, tapi bakal keluar rada mahal untuk dekornya)

  4. Klub Kelapa Gading (tempatnya bagus, gw pernah kondangan di sini. Sayangnya tempatnya rada macet)

  5. Mercure Ancol (karena marketingnya slow response walaupun dibalas, entah kenapa gw langsung jadi males aja buat ngadain acara di sini. Konon bisa menampung lebih dari 1000 tamu)

  6. Whiz PRime Kelapa Gading (menampung lebih dari 1000 tamu, respon dari marketing cepat. Cari Bp. Farhan)

  7. Skeeno Hall, Emporium Pluit

  8. The Bay, Baywalk Mall

  9. D'Banquet, Pantai Mutiara

  10. The Cabin Hotel (konon menampung 1000 orang, kerjasama dengan Sandjaja Catering)

  11. Segarra Ancol


Jakarta Selatan




  1. Hotel Kartika Chandra (bagus, di pinggir jalan. Mudah untuk aksesnya dan muat untuk lebih dari 1000 tamu. Kekurangannya hotelnya kelihatannya sudah rada tua, kan gw beberapa kali lewat di depannya. Harganya lumayan mahal kalo gw acara di sini dan pasti bengkak sih)

  2. Hotel Bidakara (Muat untuk lebih dari 1000 tamu. Harganya lumayan mahal kalo gw acara di sini dan pasti bengkak. Charge bahkan untuk rekanan pun kenanya lumayan mahal. Wajib untuk pakai rekanan mereka, tapi rekanannya bagus - bagus)

  3. The Sultan Hotel

  4. Kuningan Hotel

  5. Balai Kartini

  6. Balai Sudirman

  7. Dharmawangsa Hotel (makanan enak, ga perlu diragukan. Tapi sayang tempatnya terlalu selatan. Padahal gw suka banget ama ini hotel.)

  8. The Atrium Sampoerna Strategic (bagus gw suka tempatnya, menampung tamu lebih dari 1000 orang)

  9. Century Park Hotel Senayang

  10. Ming Restaurant Senayan City (makanannya enak. Temen gw baru ngadain acara di sini. Manager yang ngurus restoran pun cukup sigap. Tapi gw ga nanya - nanya di sini. Cocok untuk private party.)

  11. Patra Jasa (jadi satu group dengan HIS Slipi)

  12. Thamrin Nine

  13. JS Luwansa

  14. The Westin Hotel

  15. Aston Kuningan


Jakarta Pusat




  1. Rumah Maroko

  2. Citywalk Sudirman

  3. Kembang Goela

  4. Lara Djonggrang

  5. Kunstring Paleis

  6. Dapur Babah Elite

  7. Wisma Antara

  8. Lumiere Hotel (marketingnya responsif, harganya ga terlalu mahal, gw ga terlalu suka parkirnya, bonus - bonusnya OK. Marketing Pak Johanes Alberto)

  9. Hotel Millenium (marketingnya pelit ngomong tapi ga rese. Tanya apa ya dijawab apa. Cari marketing namanya Bu Selly)

  10. Hotel Mulia

  11. Hotel Grand Hyatt

  12. IKK Wedding Menara Mandiri ex Menara Bapindo (tempatnya Mr. Y kurang suka karena kita pernah kondangan di sini. Naik turun tangga tar rempong. Parkiran lumayan OK tapi kalo weekend macet parah. Udahlah daerah orang kondangan pun dekat Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Mall g4uL se Jakarta Raya. Dari sini belok ke GI aja butuh satu jam. Kurang dekat sama hotel.)

  13. The Upperroom (kalau mau pesta yang mewah bisa di sini. Catering, dekor, entertaiment semuanya premium. Tapi kalau di sini budget gw pasti bengkak. Marketing Bu Cynthia)

  14. Grand Mercure Kemayoran (tempatnya OK, parkirnya bagus. Respon marketing cepat)

  15. ICC Kemayoran (Kandidat terkuat gw. Sayang tanggal yang gw mau sudah diambil orang. Cocok untuk tamu lebih dari 1000, ceiling tinggi. Cari marketingnya Bu Mourena, baik banget orangnya)

  16. JI Expo (Harganya juga OK, gedung luas, harga masuk akal, parkiran luas)

  17. The Luxus (ga mau karena pakai catering in house, tempat luas bisa menampung lebih dari 1000 orang, ceiling tinggi)

  18. BMKG Kemayoran (kalau contact marketingnya cuma dijawab tanya ke rekanannya langsung. Karena males ga gw update. Tapi bisa menampung lebih dari 1000 tamu)

  19. Wisma Antara (muat sampai 800 orang, cari marketing Bu Ning. Orangnya baik dan ramah. Rekanan yang gw mau ada di sini semua. Ini venue ideal banget sayangnya ga muat banyak orang.)

  20. The Accacia Hotel (kaga dibalas padahal dibaca)

  21. The Financial Club (menampung 800 orang, cukup OK sih, tapi karena tempatnya saja sudah tidak menunjang jumlah tamu jadi ga gw follow up lebih lanjut)

  22. Best Western Kemayoran


Jakarta Barat




  1. Santika Premiere, Slipi (ditanya lumayan pelit jawabnya. Ga mau kasi info apa - apa lagi kecuali price listnya.)

  2. Grand Mercure, Harmoni (Sombong nih di WA kaga dibalas. Di follow up pun kaga mau bales dong)

  3. Novotel Mangga Dua Square (Sombong juga di WA kaga dibalas)

  4. Sense Restaurant (konon marketingnya rada sombong, dan gw mengalami. Telepon minta price list macam ga dianggap gitu di telepon. Tapi habis itu gw dapat info marketing yang cukup OK dari temen gw, namanya Pak Michael. Sayangnya sehari melayani lebih dari 1 wedding)

  5. Novotel Gajah Mada (marketing Pak Krisna, respon cepat. Harus rada di follow up)

  6. Mercure Jakarta Kota (Harganya OK dan ga pelit. Tempatnya juga OK sayang udah rada tua. Gw bilang tempat ini ideal untuk 150 - 400 undangan. Coba cari marketing wedding yang namanya Bu Angie. Orangnya baik dan ga pelit info. Sangat gw rekomendasikan.)

  7. Mercure Batavia (suka tapi maksimal standing party cuma 500 tamu)

  8. Restoran Central Tomang

  9. Gajahmada Wedding Hall

  10. Menara BTN (ramah banget marketingnya TOP. Harus booking dari jauh - jauh hari kalo ga nanti susah dapat tempat. Harganya OK dan sebenarnya kalau untuk venue ini gw paling sreg ama marketingnya sih. Mereka bener - bener mengerti wedding jadi kalau ada kesulitan pun bisa bantu handel.)

  11. Universitas Tarumanagara (tempatnya rada kecil. Cateringnya Dinasty gw pernah kondangan di sini, rasanya enak. Parkirannya OK. Toiletnya ya standard toilet kampus.)

  12. Universitas Bunda Mulia

  13. Merlynn Park (marketingnya OK dan responsif. Tempatnya luas dan enak. Makanannya OK. Parkir standard. Marketingnya Bu Susan)

  14. MDC Hall (Dari segi harga dan rekanan, MDC Hall ini OK)

  15. Pelni Wedding Hall

  16. Santika Premiere Harmoni (Gw datang ke sini dan tbh gw kurang suka marketingnya saat menjawab pertanyaan gw disini entah kenapa. Marketing yang ngelayanin gw juga bukan marketing untuk wedding sih karena marketing untuk weddingnya ga ada di tempat. Parkiran juga ga terlalu besar. Idealnya menampung 800 tamu. Untuk marketing weddingnya sendiri bisa cari Bu Lina)

  17. La Grandeur (maksimal 800 tamu juga. Marketing baik dan responsif. Marketing : Bu Tresya)

  18. Ibis Mangga Dua

  19. Swissbell Hotel Mangga Besar (marketing OK dan responsif tapi tempatnya gw rasa menampung sekitar 800 tamu. Cari marketing Bu Jenny)

  20. Best Western Mangga Dua (Marketingnya baik namanya Bu Nahta. Sebenernya kalo jumlah orangnya memadai, gw pilih acara di sini lho. Ini marketing paling gw rasa cocok dibandingkan marketing di venue lainnya. Kalau jumlah undangan kali 400 undangan = 800 pax, gw rekomendasikan cari Bu Nahta di Best Western Mangga Dua)

  21. Grand Paragon (harganya lumayan mahal, gw ga terlalu suka hotelnya padahal kalo dilihat lumayan mewah ya ballroomnya. Setengah hall saja sudah bisa menampug lebih dari 1000 orang. Marketing Bu Maria Fransisca)

  22. Citywalk Gajahmada (masih baru banget. Menampung lebih dari 1000 orang. Marketingnya OK lah harus rada dikejerin tapi cukup responsif. Cari marketingnya yang namanya Pak Richard)

  23. Gedung Arsip Nasional (tempatnya muat sampai lebih dari 1000 orang, semi outdoor, tempatnya cakep, rekanan gw masuk, harga ga terlalu mahal. Kekurangannya tempat parkir dan ortu ga mau kalau acaranya outdoor)

  24. Menara Peninsula

  25. The Redtop Hotel (marketingnya OK, responsnya cepat, cocok untuk pesta max 1000 orang. Tapi entah kenapa marketingnya suka banget ngirim pesan ke gw via wa lalu di delete sebelum gw sempat baca)

  26. Alila Hotel (tempatnya OK, marketingnya responsif, makanannya enak. Tapi gw ga bisa pakai tempat ini karena ga bisa menampung jumlah tamu gw.)

  27. Batavia Marina (konsep wedding semi outdoor dan menampung lebih dari 1000 tamu)

  28. Hotel Ciputra (menampung sekitar 800 orang cuma pertimbangan gw ini di dekat mall Central Park dan Taman Anggrek, gw ga kuat macet daerah sana. Parkiran OK karena jadi satu dengan parkiran mall Citraland yang menurut gw selama ini baik - baik saja)

  29. HIS Slipi

  30. The Vida Ballroom


Banyak juga ya ada 78 venue. Dan sebenernya list ini belum selesai lho. Nantinya akan gw update lagi di pagi ini semua venue yang pernah gw cari beserta review marketing mereka dan kapasitas tempat. Feel free kalau ada yang mau ditanyakan. Selama bisa jawab akan gw bantu jawab.


Comments

  1. Untung jaman sekarang bisa nanya via wa ama email lho. Kalau ngga sih capek juga muterin satu - satu cari venue yang cocok :D:D:D

    ReplyDelete

Post a Comment