Wedding Hand Bouquet

Kali ini gw mau bahas soal hand bouquet. Untuk yang satu ini sempat membuat gw bingung sih karena harganya yang ternyata cukup wah dan menyita nominal di rekening budget kawinan. Emang segede itukah? Sebenarnya ngga sih tapi lumayan aja nominalnya karena gw ga nyangka hand bouquet itu nominalnya segitu. Out of my expectation. Maklum gw ga pernah beli, biasanya dibeliin ama Mr. Y hahaha.


Setelah pencarian beberapa minggu ini, gw menambatkan hati ke salah satu vendor yang menyediakan hand bouquet. Sebenarnya hand bouquet ga semahal itu sih cuma bunga yang gw mau model dan bunganya sendiri emang mahal sih karena model yang gw mau bunganya semuanya import. Nantinya gw ga tau deh gimana cara desainer hand bouquet gw ini merangkai bunganya. Apakah dia akan ganti bunganya atau bunganya akan dicarikan yang sama. Well, we'll see.


Berikut rangkuman vendor - vendor hand bouquet yang gw cari ya.


Yulika Florist


Screenshot_20190114-150003.jpg

Salah satu vendor yang sudah lama malang - melintang di dunia per-florist-an. Bunga - bunga dari vendor yang satu ini rangkaiannya cantik sekali. Respons nya cepat dan kebetulan saat gw contact, gw tidak diberikan price list tetapi ditanyakan warna apa yang digunakan dalam wedding gw lalu diberikan rekomendasi. Kisaran harga bunga yang direkomendasikan sekitar Rp 1.300.000 - Rp 2.000.000. Tapi saat gw ajukan bunga yang gw mau, dia quote gw di angka Rp 3.000.000.


Sekartaji by Galuh


Screenshot_20190114-150025.jpg

Gw lumayan suka juga bunga dari vendor yang satu ini. Sering muncul di feed instagram gw. Cuman sayang respon marketingnya kok ga OK ya? Pas ditanyakan pengiriman, ybs ga mau jawab sampai sekarang padahal gw tanya di 3 Desember 2018. Setahun sudah berlalu.


Untuk bunga local start dari Rp 550.000, semi import dari Rp 750.000, dan import mulai dari Rp 1.000.000. Harganya OK sebenernya tapi karena tangapannya seperti itu, gw memutuskan ga memakai vendor yang satu ini.


Bloomine.id


Screenshot_20190114-150039.jpg

Vendor yang satu ini tanggapannya enak. Diajak ngobrol orangnya luwes sekali. Orangnya juga baik dan dia bisa memberikan gambaran bunga - bunga apa saja yang akan dipakai, lalu menghemat wedding budget gw dengan memberikan opsi mix bunga import dan lokal. Untuk bunganya sendiri start dari Rp 1.200.000.


Fleuri Flower 


Screenshot_20190114-150108.jpg

Yang satu ini rangkaian bunganya juga cakep - cakep. Aduh mupeng banget liatnya. Tapi dari semuanya, yang satu ini yang harganya paling bikin gw shock. Harganya mulai dari Rp 6.500.000 *pingsan.


Tapi dari marketingya memberikan opsi untuk contact ke @summerpetals yang merupakan second line mereka dengan harga mulai dari Rp 2.500.000.


Twigs and Twine


Screenshot_20190114-150123.jpg

Yang satu ini juga konon favorit nya para calon pengantin. Gw suka sih rangkaian bunga dari mereka. Tapi yang satu ini juga agak mahal karena dia harganya itu start dari Rp 3.500.000. Kalau pakai model bunga yang gw tau ga tau deh jatuh - jatuhnya jadi kena berapa.


Last but not least,


Inilah vendor yang akan gw pakai dalam acara gw


Atrina Soendoro


Screenshot_20190114-150144.jpg

Pemain lama di bidang perbuketan ini lah yang akan merangkai hand bouquet untuk acara pernikahan gw. Pertama kali gw liat di ig nya adek temen gw. Memang cakep sih rangkaian bunganya. Selain itu harganya juga bersahabat. Dia bukan start with tapi memang dia hanya punya dua harga yaitu Rp 1.750.000 dan Rp 2.000.000. Apakah bunganya nanti import semua, ataukah kombinasi, ataukah lokal semua, pokoknya harganya ya dua itu aja. Yang membedakan hanyalah bunganya mau posy style atau cascade style.


Nantinya gw akan dapat 1 bouquet bride, 1 groom corsage, 2 papa papa corsages, dan 1 spare / cadangan groom corsage. Harga sudah termasuk delivery ke seluruh area di Jakarta.


Nah khusus Atrina Soendoro ini balesnya emang agak lama, tapi so far sih pertanyaan gw dibalas semua. Konon ybs urus sendiri wa nya jadi kadang keteteran juga makanya balasnya agak lama. Nah karena rame nih, makanya harus gercep DP di sini. Gw sendiri akhirnya DP setelah satu hari wa dengan Beliau. Gw panggilnya cik pula. Harusnya panggilnya tante. Untuk DP sendiri disyaratkan 50% dan apabila cancel maka DP kembali.


Kenapa gw pakai Atrina Soendoro? Karena hand bouquet yang dia buat untuk adek temen gw cakep banget. Walaupun gw diingatkan kalau harus sedikit sport jantung untuk pengirimannya karena pas acara adeknya temen gw ngiriminnya mepet banget dengan jam mulainya acara. Molor dua jam dari waktu yang dijanjikan.


 

Kira - kira itu saja dari dunia perbuketan. Selanjutnya ada sedikit catatan tentang hand bouquet ya.


Pertama, perhatikan harganya. Semua harga itu kebanyakan start from, jadi pastikan ke vendornya bunga seperti apa yang kalian mau dan akan di quote di harga berapa. Ini penting untuk menjaga budget married tidak membengkak. Biarpun membengkaknya satu juta pun sayang kan karena bisa dialokasikan ke hal lainnya.


Kedua, hand bouquet terdiri dari bermacam - macam bunga dan bisa dirangkai sesuai keinginan kita. Terdiri dari beberapa bentuk yaitu natural posy alias yang bentuknya bulat, garden asymmetrical atau yang bentuknya nge - loose , dan ada juga yang bentuknya cascading alias waterfall shape alias yang bentuknya menjuntai sampai ke bawah. Gw sebenarnya tertarik dengan yang waterfall shape tapi apa boleh buat berhubung baju yang gw pakai adalah ball gown, jadi gw ga mau kalau baju dan bunga gw saling bersaing mendapat perhatian (apa sih ini bahasa gw hahaha).


Ketiga, lalu setelah mendapat hand bouquet lalu bagaimana? Hand bouquet mahal, kalau langsung dibuang saja sayang kan. Tapi ga tahan lama juga. So what should I do?


Hand bouquet bisa dikeringkan lalu dijadikan hiasan dinding. Gw suggest cari di :




  1. Magnolia Dried Flower
    Vendor satu ini kasi gw harga start dari Rp 3.500.000 untuk satu bingkai berukuran 40 x 50 cm. Bingkai bisa diisi dengan satu hand bouquet dan satu boutonniere.

  2. Ivy Dried Flower
    Dengan ukuran yang sama dengan Magnolia, gw dikasih harga Rp 1.500.000.


Sekian informasi mengenai hand bouquette. Semoga membantu kalian yang sedang mencari hand bouquette yang akan digunakan untuk acara pernikahan kalian.


Comments