Madu Itu Ternyata Berbahaya

Apakah ada yang tahu kalau madu itu termasuk dalam kategori barang berbahaya apabila dibawa dalam penerbangan? Gw juga baru tahu kemarin saat penerbangan dari Semarang ke Jakarta.


Jadi pagi itu saat check in, gw ditanya sama petugas di bandara mengenai isi bagasi gw. Gw bilang itu madu. Lalu petugasnya bertanya, ditaruh di botol apa? Gw jawab ada yang di botol kaca dan ada yang di botol plastik. Petugas ybs menolak untuk mendaftarkan bagasi gw. Lah gw kaget dong apa pasal barang bawaan gw menjadi masalah? Petugas ybs menjelaskan bahwa madu tidak bisa sembarangan dibawa ke pesawat karena termasuk item terlarang yang mengakibatkan gw harus membongkat bagasi gw pagi - pagi dan untungnya madu di botol kaca masih bisa dititipkan ke mama gw.


Lah, jadi ga bisa bawa madu dalam penerbangan? Wets... Jangan salah. Bisa kok membawa madu dalam penerbangan asalkan caranya memenuhi syarat - syarat berikut ini:




  1. Pindahkan madu ke dalam botol plastik. Ingat botol plastik. Kalau kaca pasti ditolak.

  2. Volume madu sebanyak setengah botol plastik.


Mengapa begitu? Karena madu mengandung gas. Kalau menggunakan botol kaca, sudah pasti botolnya akan meledak. Kalau menggunakan botol plastik, botolnya palingan jadi menggelembung. Dan memang terbukti madu yang gw bawa gas nya naik sampe lumer - lumer itu madu sayang banget. Untung gw masukin ke dalam bubble wrap dan gw pak dengan baik sehingga tidak mengotori barang - barang lainnya.


Gw sempat baca kalau ada kejadian dimana salah satu penumpang membawa botol kaca berisi madu ke dalam kabin, kemudian di tengah perjalanan botolnya pecah dong dan madunya itu mengotori kepala orang - orang di penerbangan itu. Tuh kan... Kita harus ikut mematuhi larangan dari pihak airlines juga agar hal seperti ini tidak terjadi supaya tidak merugikan penumpang lainnya.


IMG_20190207_080705__01.jpg

Jadi sekarang sudah tahu dong cara membawa madu di dalam pesawat.


Related articles : detik.com

Comments

  1. […] Untuk perjalanan pulang dari Semarang kali ini gw mendapatkan pelajaran mengenai manisnya madu yang ternyata berbahaya untuk penerbangan. Bisa dibaca disini. […]

    ReplyDelete

Post a Comment