Before 40

Gw ga menyangka tahun ini gw akan masuk kepala tiga. Masih ingat kata - kata sepupu gw "Saat lo berusia awal 20an, angka 25 itu terdengar seperti masih lama sekali. Saat lo berusia akhir 20an, tau - tau waktu berjalan cepat dan lo akan memasuki usia 30." Dulu gw menganggap itu biasa saja. Baru gw sadari di akhir usia 20an gw, memasuki umur 30 itu terasa agak menakutkan.


Jujur gw katakan bahwa banyak hal yang gw sesali di usia 20an. Mungkin kalau gw bisa kembali ke usia 20an gw, gw akan memberi dia banyak sekali nasihat. Di usia gw 20an gw juga gw tidak melakukan banyak hal. Jadi saran gw bagi kalian yang berusia 20an, cobalah banyak hal.


Life begins at 30. Oleh karena banyaknya penyesalan atas kehidupan gw di usia 20an, gw mau melampiaskannya di usia 30an gw. Gw berharap tidak ada lagi penyesalan dalam hidup gw ketika gw menginjak 40. Gw berharap gw bisa lebih matang dan bijaksana dalam menghadapi hidup.


Jadi berikut list before 40 yang akan gw rangkum dan semoga kalau rajin akan gw udpate progressnya setiap tahun untuk melihat apa yang sudah gw lakukan dan apa yang tidak gw lakukan dan apakah ada yang berubah.


Gw masih belum tahu apakah 10 tahun kedepan gw akan bahagia dengan hidup yang gw jalani atau tidak. Tidak ada yang bisa memastikan hal itu. Manusia adalah rangkuman dari keputusan benar dan salah yang mereka buat. Tapi gw berharap di usia 40 tahun nanti gw bisa melihat 10 tahun kebelakang dan berkata "Wah my life is worth living. I make memories I will never forget"


So, here's the lists :


Life Goal




  1. Menikah

  2. Punya anak

  3. Berinvestasi di reksadana atau logam mulia

  4. Pengen nonton konser

  5. Beli rumah

  6. Merintis bisnis

  7. Baik - baik jaga kulit sebagai investasi masa depan

  8. Beli sesuatu yang ga penting tapi mahal untuk diri sendiri (misal : tas branded)

  9. Makan di Namaaz Dining

  10. Ikut acara marathon

  11. Lebih sering berfoto

  12. Banyak mengobrol dengan mama, papa, dan bungsu

  13. Belajar masakan yang dimasak sama mama

  14. Pengen selesaikan semua cross stitch yang masih pending

  15. Pindah ke kota lain

  16. Menerbitkan buku

  17. Pengen nabung untuk menyekolahkan 1 orang yang tidak mampu

  18. Liburan ke Taiwan sama mama

  19. Makin rajin menulis

  20. Menyelesaikan 30 days challenge


For a Better Me




  1. Gw ga mau kegendutan lagi. Untuk itu gw harus baik - baik jaga berat gw. Gw berharap sepuluh tahun kedepan hinggal ulang tahun gw yang ke 40, berat badan gw cenderung baik dan stabil.

  2. Belajar nyetir lagi dan kali ini bisa bawa mobil sendiri

  3. Pengen beli rumah

  4. Gw pengen belajar bahasa Mandarin lagi. Gw sempat ke China selama setahun dan gw rasa gw mengalami banyak kemunduran. Sayang banget rasanya sekolah satu tahun gw. Makanya gw mau belajar Mandarin lagi.

  5. Belajar bahasa Inggris dan gw mau belajar untuk menulis dalam bahasa Inggris.

  6. Belajar bahasa asing lainnya

  7. Berolahraga

  8. Berhenti menyesali masa lalu dan lebih menatap masa depan

  9. Lebih sering nongkrong sambil dengerin live music

  10. Bergabung dengan club, bertemu orang - orang baru

  11. Belajar dan terus belajar bahwa memaafkan lebih baik daripada menyimpan dendam.

  12. Belajar bahwa dunia tidak bergerak di sekeliling gw jadi gw harus menerima keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang gw inginkan

  13. Belajar hobby baru

  14. Tidak mau hidup tergantung social media

  15. Hidup selama minimal sebulan di Bali. Hidup holistic, sehat, makan sehat, ikut yoga. Btw ini cita - cita dari gw umur 20an

  16. Merokok is OK. Tapi cukup jadi social smoker aja jangan jadi heavy smoker

  17. Bersikap tenang, lebih mengontrol diri saat marah

  18. Belajar main alat musik


Holiyay !!! (List ini agak panjang sih jadi mungkin ini akan terwujud before 50. Tapi akan gw usahakan untuk diwujudkan)




  1. Honeymoon di Jepang saat musim gugur

  2. Shibazakura (Spring)

  3. Shirakawago (Winter)

  4. Tateyama Kurobe Alpine Tour (Summer)

  5. Keliling Eropa

  6. Sumba

  7. Kupang & Labuan Bajo

  8. Raja Ampat

  9. Melihat matahari terbit di Mt. Bromo

  10. Kawah Ijen

  11. Liburan ke Amerika

  12. Pengen balik lagi ke Canada

  13. Safari Tour di Sri Lanka

  14. Keliling South East Asia (terutama Thailand, Vietnam, dan Kamboja)

  15. Travelling pakai business class saat bepergian dengan pesawat (malah kalau bisa first class)

  16. Go skinny-dipping

  17. Naik kapal pesiar

  18. Bepergian dalam waktu panjang sambil bawa mobil (misal : Trip dari Jakarta ke Bali bawa mobil)

  19. Menginap di hotel 5 stars dan menikmati hari bersantai.

  20. Pergi travelling dengan teman

  21. Maldives/ Pulo Cinta

  22. Sleep under the stars

  23. Take a hot air balloon trip

  24. Bungee jump/skydive

  25. Liburan spontan tanpa planning apapun

  26. Liburan ke China. Ingin keliling ke banyak kota dan pergi ke banyak tempat bersejarah

Comments

Post a Comment