Wedding Vendor Review part 2

Adi & Friends Wedding Organizer




Pada awalnya, gw bingung dengan WO yang mau gw pakai. Ada banyak sekali pilihannya dan gw takut salah memilih karena menurut gw WO itu penting sekali untuk keberhasilan sebuah acara. Kenapa? Karena sebagai orang yang menikah pada hari itu, gw sudah ga mau dipusingkan dengan berbagai pritilan lagi. Sudah cukup gw hectic di hari sebelum menikah, gw ga mau hectic di hari pernikahan gw karena gw mau fokus menikmati hari pernikahan gw. 

Kenapa akhirnya memilih ko Adi sebagai WO di acara? Itu berkat Karta, teman gw yang di WO in sama Ko Adi juga. Menurut promosi dari Karta, WO ko Adi itu OK bangat dan aku percayalah sama Karta. Gw pun mampir di booth ko Adi yang sedang mengadakan acara di JCC dan deal di sana. Gw masih ingat saat itu ada ko Adi, istrinya, dan Mike yang merupakan team dari Adi & Friends WO. Ternyata kami adalah pasangan ketiga alias pasangan terakhir yang deal dengan mereka di tanggal wedding kami. Karena mereka ada maksimal wedding yang mereka handle. Gw sempat bilang maunya Ko Adi yang handle wedding, tapi Ko Adi bilang ga bisa karena dia akan handle client pertama, tapi tenang aja bahwa gw akan di handle oleh team nya yang sudah profesional bareng dia sejak lama dan dari awal sampai akhir dia yang akan ngurus every detail for my wedding.

Baeklah... Di situ gw lumayan berasa panik. Karena gw percaya kalau yang handle ownernya sendiri, akan lebih beres daripada dihandle oleh team. Kepanikan yang tidak beralasan. Kenapa? Akan gw jelaskan nanti ya... 

Nah awal - awal nih gw sempet bingung kok feedback nya ko Adi pendek - pendek? Kok ga ada follow up dari dia. Gw cuma dikasih satu list dimana gw harus isi list itu, nanti dari sana baru akan dibuat gambaran acara. Dari sana sebenarnya gw sempat mau mundur cari WO lain nih. Tapi entah kenapa hati gw mengatakan tetep lanjut aja ama ko Adi. Jangan pikirin yang lain lagi. Gw memilih mengikuti kata hati gw.

Ternyata oh ternyata, H - beberapa bulan wedding gw (gw lupa sih sebulan apa dua bulan), ko Adi gercep banget. Begitu list sudah komplit gw kasih tempat dia, langsung deh meeting dengan ko Adi mikirin konsep acara, dibantu atur technical meeting dengan semua vendor, dan finalisasi meeting. Yang gw suka adalah ko Adi itu orangnya terkonsep, semua on the list bahkan untuk pritilan sekalipun dimana hal itu membantu kami sebagai pasangan yang udah pusing ngurusin kawinan, dan yang terpenting dia itu ON TIME. Karena ON TIME itu penting. Selain itu dia pembawaannya luwes dan tidak kaku. Gw masih ingat di saat final meeting dengan Ko Adi, dia bilang ke gw "Lo udah lama nyiapin wedding ini. Di hari H, biar team gw aja yang pusingin, lo nikmatin aja wedding lo." 

Hati gw sebagai bride, langsung luluh.

Dan gw tidak salah memilih WO.

Sampai H-1 acara wedding, ko Adi masih gw ribetin masalah pritilan wedding gw. Tp responsnya OK dan cepat. Lalu pas hari H wedding, astaganaga. Ternyata walau bukan ko Adi yang memimpin langsung, tetapi team nya, ternyata acara gw tetap berjalan dengan baik dan lancar. Anne sebagai time keeper, tegas dan sepengelihatan gw benar - benar tahu apa yang dia kerjakan. Tidak ada moment dimana dia bingung. Mike yang menghandle acara benar - benar memastikan pritilan acara gw berjalan dengan baik. Vivian yang menghandle gw dapat banyak menjawab pertanyaan gw. Dia banyak bantuin gw sepanjang acara. Sisa nya feedback dari ortu gw, WO yang handle mereka benar - benar baik dan sabar apalagi ngadepin bapak gw yang suka kabur dan jalan kesana kemari. Dari Bridesmaid gw, dia info kalau WO nya nempel kayak perangko. Bahkan sependengaran gw, sebelum acara dari WO yang handle keluarga sudah contact mereka dari beberapa hari sebelum acara. Kayaknya dulu adek gw wedding ga gini amat. Maksud gw, ini justru bagus banget karena mereka jadi tahu siapa yang harus mereka cari kalau ada masalah. Jadi ga ngeribetin gw lagi.

Dan di hari H pun ko Adi masih ngikutin progress acara gw walau via chat. Seperti saat dekor salah kirim gambar, langsung dia tegur. Dan ternyata dekornya salah kirim foto.

Kalaupun ada kekurangan, gw dan Mr. Y tidak merasakannya. Ada lah sedikit komplain tapi bukan hal yang krusial dan sudah gw sampaikan ke ko Adi dan dia menerimanya dengan baik. 

Intinya gw benar - benar puas dengan Adi & Friends Wedding Organizer dan gw akan merekomendasikan mereka ke calon pengantin yang akan melangsungkan acara mereka juga. 

Yvonne Catering




Catering itu hal yang sangat krusial di pernikahan. Tidak sedikit orang yang salah memilih catering untuk acara mereka sehingga muncul komplain dari tamu - tamu yang hadir. Dan hal seperti ini bisa dijadikan omongan orang. Mulai dari rasa makanan yang kurang yang bisa diungkit orang saat ngobrol, jumlah makanan yang kurang, dsb. Untuk catering yang kami pilih adalah catering Yvonne dan perlu kami katakan bahwa kami puas dengan catering ini.

Sebenarnya gw sudah ngincar satu catering yang cukup terkenal. Katanya dekornya bagus, makanannya enak, dan harganya juga tidak terlalu mahal. Gw merasa udah mantap banget dah, tapi karena gw orangnya suka penasaran, gw pergilah mencoba catering lain. Kebetulan di catering incaran ini gw belum test food juga, cuma hasil blog walking ke blog orang lain.

Saat pameran di JCC, kebetulan catering incaran gw itu ga ikut. Akhirnya gw nyobain deh catering rekanan gedung gw yang ada buka stan di hari itu. Mampirlah gw ke beberapa catering yang (katanya) sudah terkenal enak. Yvonne bahkan bukan pilihan utama gw. Kenapa? Karena gw belum pernah ke acara wedding yang menggunakan Yvonne Catering sebagai cateringnya. Jadi gw ga tau performanya bagaimana, rasa makanannya di hari H enak atau tidak, dll. Tapi saat pameran di JCC, gw lumayan suka sama makanan yang gw test food di sini. 

Tapi gw ga langsung deal. Gw minta penawaran dulu sambil jalan ke catering lainnya. Gw ke catering A tapi gw ga terlalu impress ya. Waiter nya sih bagus tapi entah kenapa 2x ke sini, gw ama mr. Y dianggurin mulu ama marketingnya. Selain itu menurut kami rasa makanannya biasa aja. Sempat kami ke acara teman Mr. Y yang menggunakan catering ini. Selain kambingnya, menurut kami berdua, makanan dari catering ini ga terlalu enak. Harganya juga lumayan , ga murah - murah amat. Temen gw ada yang pakai catering ini dan dia adalah cerita - cerita ke gw. Menurut gw pribadi, catering ini ga terlalu membantu masalah - masalah yang dihadapi calon pengantin. Gw jadi merasa bersyukur tidak memilih catering yang satu ini. Selain itu, bonus - bonusnya juga ga terlalu menarik.

Setelah itu kami ke catering Awen. Ini catering ga rekanan ama gedung gw sih. Tapi gw penasaran katanya harganya murah dan enak. Untuk rasa sih standard, tapi untuk harga memang murah sih. Bonusnya banyak dan perhitungannya bagus. Gw akan merekomendasikan catering ini bagi calon pengantin yang mau menggunakan catering mereka. Tapi ingat ya, gw merekomendasikan catering ini berdasarkan hasil Test Food lho bukan performa mereka di acara karena untuk performa mereka di acara, gw ga ada gambarannya.

Catering ketiga yaitu catering B yang rasanya menurut gw enak dan dia lumayan terkenal. Gw terpesona dengan rasa makanannya. Bonus - bonusnya juga lumayan high class. Tapi ga gw ambil karena overbudget. Selain itu kata temen gw, dia suka ga stabil. Kadang enak kadang ngga. Tapi kalau berdasarkan test food, gw akan merekomendasikan catering ini bagi kalian yang punya budget lebih.

Catering keempat yaitu catering C. Ini catering terkenal juga dan katanya enak. Gw dan Mr. Y sepakat kalau rasanya standard aja dan harganya juga terlalu mahal agak tidak sesuai dengan rasanya. 

Di hari ini gw deal dengan Yvonne catering. Yvonne ini konon merupakan pemain lama dan terkenal dalam dunia catering di Jakarta. Bahkan florist gw sempat bilang kalau puluhan tahun lalu dia menikah, dia pakai Yvonne juga dan Beliau puas dengan makanan yang disajikan oleh Yvonne ini.

Tapi walau sudah deal dengan Yvonne, gw sempet mampir ke pameran lain untuk Test Food. Murni karena penasaran. 

Catering kelima yang gw coba yaitu catering D. Yaitu catering incaran gw. Jujur boothnya dia kece, penampilan menarik, seperti yang gw perkirakan bahwa boothnya pasti rame banget, tapi gw kecewa dengan rasanya. Kok B aja? Ga seenak yang dibilang orang. Bahkan catering pilihan gw jauh lebih enak. Untung gw ga bela - belain skip Yvonne untuk deal dengan catering ini. Selain itu, teman gw dapat bad experience dengan catering ini juga. Makin membuat gw lega karena gw ga deal ama mereka.

Catering keenam yang gw coba yaitu catering E. Catering yang terkenal premium ini memang menampilkan rasa yang berbeda sih. Rasa makanannya enak dan menarik. Penyajiannya juga cantik. Tapi memang gw akui kalau soal harga, duh hati ini masih ga tega keluar budget segitu. Konon catering ini cocoknya untuk corporate event memang.

Catering ketujuh merupakan catering terakhir yang gw coba yaitu DTC Catering. Ini satu - satunya catering yang membuat gw merasa ingin selingkuh dari Yvonne. Harganya tidak terlalu mahal. Marketingnya baik. Tapi yang benar - benar membuat gw terpesona itu rasa makanannya sih. Benar - benar juara. Dan DTC itu terkenal dengan dekor dan pelayanan yang baik walau dekornya tidak wah tapi enak dilihat. Tapi gw harus melepas DTC karena tidak rekanan dengan gedung gw.

Kembali ke Yvonne. Gw deal dengan marketing gw yang bernama Bu Wani. Bu Wani ini sangat membantu gw dalam menyiapkan segala keperluan catering bahkan ada beberapa additional item yang dibantu oleh Bu Wani juga. Intinya gw merasa sangat terbantu oleh Bu Wani. 

Untuk makanan yang gw pesan saat acara adalah :
Makanan Buffet terdiri dari : 
1. Sup Kepiting Asparagus -> dijadikan stall. Komen teman gw : enak tapi sayang kurang panas
2. Salad display (stall) dan kombinasi asinan jakarta (buffet)
3. Chicken Oranges -> dari test food gw sudah merasa ini enak dan good compliment dari relasi
4. Beef Ribs + mashed potato -> beef ribs nya enak dan lembut. Juara. 
5. Ikan Dori Steam -> dari pertama kali coba pas test food, gw udah suka banget
6. Udang Tempura Saus Mayonaise 
7. Sapo Tahu -> enak kok tahu nya lembut
8. Soun Cah 
9. Kerupuk
10. Nasi Goreng Ikan Asin Jambal
11. Nasi Putih
12. Aneka Puding
13. Aneka Buah
14. Aneka Snack -> wajib coba : red velvet cake. Juara enak banget. Ga eneg dan lembut. Semua orang kasih good compliment utuk yang satu ini. 
15. Drinks



Tambahan Stall 
1. Baked Chicken Cheese -> enak banget. Favorit semenjak pertama coba
2. Mie Mangkok -> ini juga enak banget dan jadi pilihan gw semenjak pertama coba
3. Sate Ayam + Lontong -> kata mr. Y ini enak
4. Siomay Bandung -> good compliment dari tamu - tamu yang datang katanya enak dan lembut
5. Steamboat -> ini enak semenjak pertama coba sudah tertarik
6. Kambing guling -> menurut para tamu ini enak dan dagingnya sangat lembut
7. Es teler 

Pesan 26 nasi tosca untuk pengisi acara dan WO. Menurut mereka nasi toscanya enak dan ga berantakan penyajiannya.

Bahkan sampai selesai acara pun, tamu - tamu masih banyak yang menanyakan catering yang kami pakai. Menurut mereka rasanya enak. Mr. Y yang jarang berkomentar pun bilang kalau dia puas banget sama catering kami. Rasanya enak, makanan melimpah, harganya juga ga terlalu mahal. Dari catering juga dengan cepat mengepak makanan yang tidak habis untuk dibungkus pulang. Gw dan Mr. Y ambil beberapa dan kami panaskan. Masih tetap enak. Terutama baked chicken cheese nya. 

Gw dan Mr. Y sempat melihat - lihat saat gladi resik dan acara saat mingle. Display makanan dari Yvonne tidak lebai dan enak dipandang. Kebetulan untuk stall dan segala hal yang berhubungan dengan display makanan dan minuman yang mengurus dari Yvonne catering dan cantik sekali displaynya. Kalau ada beberapa kekurangan itu hanya makanannya agak kurang hanget / panas. Selebihnya tidak ada yang mengeluh tidak enak.

Terima kasih Yvonne catering yang sudah banyak membantu kami dalam mengurus masalah catering dan sebagai pasangan yang banyak merepotkan catering ini dengan berbagai macam pritilan, belum lagi tambahan bonus dari Yvonne catering ditambah betapa senangnya kami mendengar good compliment dari tamu - tamu yang hadir dimana mereka puas dengan masakannya, gw dan Mr. Y mengucapkan banyak terima kasih. 

Pempek Taruna



Masih membicarakan makanan di acara pernikahan, gw ada masukin satu makanan dari luar yaitu Pempek Taruna. Pempek ini merupakan salah satu makanan yang paling cepat habis. Gw pesan pempek ini dari Pempek Taruna yang berlokasi di Tanjung Priok. Menurut gw, pempek mereka kulitnya enak, rasanya crunchy. Selain itu ikannya sangat berasa dan cukonya endes banget. Kebetulan pempek Taruna ini yang bikin asli orang Palembang dan memang berasa banget sih perbedaan pempek yang dibuat oleh Palembang asli. Lebih orisinal dan enak tentunya. Gw senang sih karena sudah bekerjasama dengan Pempek Taruna untuk acara wedding. Bahkan ada beberapa orang yang menyesal karena ga kebagian pempek ini di acara wedding gw. Good compliment dari relasi yang datang untuk pempek yang digunakan di acara gw.

Nasi Box Nyonya Hendrawan

Pasti sudah pada tahu dong untuk nasi box yang satu ini. Memang terkenal sebagai penyedia nasi box di area Jakarta. Gw aja yang awalnya sok - sok ga mau makan siang akhirnya malah menghabiskan nasi box ini karena rasanya memang seenak itu. Gw lupa yang gw pesan kayaknya ayam goreng dan ada bola - bola ayamnya gt. Rasanya enak dan pengantarannya sangat on time jadi ga usah khawatir. Harganya juga bersahabat di kantong. Cuma ingat siapkan uang cash saja karena mereka hanya menerima pembayaran secara cash di hari pengantaran.

Joelle Decoration



Ini salah satu vendor yang bikin gw berdebar - debar karena beberapa masalah sebelum wedding. Pertama - tama masalah yang muncul adalah sulit dicontact. Kedua, saat pameran wedding di Citywalk, duh kursi yang mereka pakai untuk dekor kondisinya ga terlalu bagus. Ketiga, saat technical meeting, orang yang hadir terlambat lumayan lama. Parah sampai dicontact beberapa kali ga ada jawaban. Kelima, entah mengapa kok gw merasa mereka menghadapi gw agak malas - malasan. 

Kronologi : 
23 Sep : pihak Joelle decoration update foto untuk photobooth. Gw tanya kalau selain itu ada contoh lain ga. Disuruh lihat di IG sebagian. Sebelumnya dari pihak Joelle ada ditanya tuh apakah gw mau new design atau yang sudah jadi. Gw ada jawab juga apa mendingan bikin baru? Ga dijawab dong.

26 Sep : Gw tanya untuk photo booth nya bagaimana. Ga dijawab

1 Okt : Gw update lagi untuk photo booth nya gimana ada gambaran ga? Dari pihak marketing ada minta designer Joelle untuk membuatkan design photobooth nya. Gak dijawab dari pihak design nya. Gw nanya kekurangan pembayaran berapa? Ga dijawab juga.

2 Okt : Dari pihak Joelle tidak memberikan balasan juga akhirnya jam 7 malam gw bilang aja kalau pakai photobooth yang sudah pernah ada tapi ornamen dan warna diganti. Lalu gw update lagi harus lunasi berapa baru diinfo sisa paymentnya. Ya acara gw sisa beberapa hari lagi dan dari tanggal 23 September 2019 pun gw sudah minta agar dibuat gambaran baru tapi tidak ada yang menanggapi. 

Gw sempat cerita masalah ketidakjelasan dekor gw ke WO gw dan akhirnya WO gw bantu contact pihak Joelle agar bisa meeting saja untuk menentukan mau dekor yang bagaimana. Di hari meeting yang sudah ditentukan pun sempat mau batal tapi gw bilang gw bisanya cuma hari itu. Pas technical meeting, vendor - vendor gw lihat lumayan bete sih dengan keterlamabatan dekor yang lumayan lama itu karena justru kehadiran dia tu sangat penting untuk memberikan masukan dekor apa saja yang mau digarap. Manalah di contact ga bisa. Walau akhirnya datang juga setelah terlambat lebih dari satu dua jam. 

Jujur untuk vendor yang satu ini,. gw berpikir aduh ga peduli lagi lah yang penting ada dekor aja. Apapun yang terjadi gw pasrah. 

Eng ing eng... Untung kinerja dari dekor ini di hari H jauh dari kata mengecewakan alias gw dan para tamu puas dengan dekor dari mereka. Penataan cahaya, bunga - bunga, dan dekornya sungguh cantik. 



Kalau kalian butuh dekor yang responsif, gw tidak akan terlalu menyarankan dekor ini. Gw akan menyarankan dekor ini pada kalian yang ga terlalu cerewet soal dekor dan butuh dekor on budget karena hasilnya memang memuaskan. 



Comments

  1. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

Post a Comment